Di Album “Tremendum”, HATE Kembali ke Black Metal Sejati

Dari album terbarunya, “Tremendum” yang dirilis via Napalm Records pada 5 Mei 2017 lalu, unit black/death metal asal Polandia, HATE kembali meluncurkan video musik untuk singlenya yang bertajuk “Sea Of Rubble”. Judul “Tremendum” sendiri mengacu kepada gagasan kuno tentang kesucian, dari sisi yang baik dan jahat.

Di album ini, HATE berada di level yang setahap lebih tinggi dibanding sebelum-sebelumnya, dengan referensi musikal yang beragam, lebih progresif, struktur lagu yang brilian dan dengan sound yang berbeda, namun tetap powerful.

Lebih jauh, Adam “ATF Sinner” Buszko – motor utama, vokalis dan gitaris HATE – menjelaskan bahwa proses penulisan “Tremendum” memang mengarah ke konsep yang baru. Mereka ingin memperbaharui keseluruhan sound band, dan menerapkan pendekatan yang berbeda dalam penulisan lagu. Tak ada lagu yang dikonsep dari komputer. Jadi saat penggarapan komposisinya, para personel HATE kembali ke cara lama.

“Keseluruhan sound terdengar sangat fresh, sangat dinamis dan kami benar-benar kembali ke musik ekstrim dan gelap yang sejati, yang membuat kami merasa puas! Ada sentuhan etnik di beberapa lagunya, serta elemen-elemen industrial yang kuat,” urai Adam, meyakinkan.

Proses rekaman “Tremendum” sendiri digarap di studio Custom 34 di Gdańsk, Polandia. Lalu untuk pembuatan sampul album, dipercayakan kepada Daniel Rusilowicz. Sebuah desain gambar yang menampilkan sosok “lelek”, sejenis burung gagak malam yang sangat dihormati oleh suku Slavic (paduan Indo-Eropa), pada masa sebelum Kristenisasi.

HATE yang terbentuk pada 1990 sudah merilis 10 album studio, sebuah album mini (EP) serta beberapa rilisan demo. Sepanjang perjalanan karirnya, kerap terjadi bongkar pasang formasi. Saat ini, HATE diperkuat oleh Adam “ATF Sinner” Buszko, Paweł “Pavulon” Jaroszewicz (dram), Paweł “Apeiron” Michałowski (bass) dan Dominik “Domin” Prykiel (gitar). (MK03)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *