Sebuah prasasti berujud album mini (EP) bertajuk “Nasty Matter” akhirnya meletup dari kubu Howlerness, sebuah unit rock ugal-ugalan asal kota Reyog Ponorogo, Jawa Timur yang sudah menggeliat di skena independen sejak 2009 silam. Berkoalisi dengan label rekaman lokal Amateurish Record, “Nasty Matter” menggelindingkan lima komposisi ‘sarat peluh’ dengan beragam tema, mulai dari seputar moralitas, sosio-politik hingga isu-isu seronok.

“Album ‘Nasty Matter’ ibarat kata adalah ‘tempat pembuangan sampah’ Howlerness, tentunya dalam konotasi yang positif, yang berisi jejak bermusik kami bertiga,” ungkap personel Howlerness kepada MUSIKERAS.

Untuk proses rekamannya sendiri, Amirul Romadhon (dram), Vini Oktavianto (bass) dan Anggient Yudhistira (gitar/vokal) sudah memulainya sejak awal 2017, dimana eksekusinya berlangsung di Pro Studio, Ponorogo. Untuk fase mixing hingga mastering, mereka mendapat bantuan dari engineer Yusuf Mahardian.

Dalam jangka waktu yang cukup lama tersebut, ketiga personel Howlerness mengakui mendapatkan perubahan-perubahan secara musikalitas selama menjalani prosesnya. “Kecenderungan musik dan referensi dari tiap personel berkembang dan berubah seiring waktu,” cetus mereka.

Di album “Nasty Matter” ini, siapa pun yang mendengarkannya akan merasakan nuansa yang berbeda pada tiap treknya, yang tentunya tanpa meninggalkan benang merah yang selama ini mereka anut. “Bassline yang ngebut dan sederhana di lagu ‘Hajar Hantam Sikat’, hingga slow looping pada nomor ‘Wonderlust’. Musik rock dengan nafas yang longgar. Terlepas dari segi musikalitas, ‘Nasty Matter’ adalah prasasti kami bertiga yang mana sebagai penanda kembali hidupnya band ini setelah memasuki fase jenuh.”

“Nasty Matter” sendiri sudah beredar sejak April 2018 lalu, dan juga diproduksi dalam format fisik (CD) seharga Rp 35.000. Album ini bisa didapatkan di beberapa gerai rilisan fisik, antara lain seperti Omuniuum (Bandung), Rilisan Fisik (Yogyakarta), Come Store (Semarang), Alpha Omega Records (Solo), Barongsai Records (Malang), Terserahati (Sidoarjo), Cempaka Music Store (Surabaya), Loudness Records (Samarinda), dan Kedai Buku Jenny (Makassar). Sedangkan di Ponorogo sendiri, “Nasty Matter” bisa didapatkan melalui Summerkick Store, MTM Recs, dan Lapak Pustaka Pinggiran. (Mdy/MK01)

.