EYEHATEGOD akan Getarkan Satu Dekade “Rock In Celebes”

Festival musik paling nyaring di sisi Timur Indonesia, “Rock In Celebes” (RIC) kembali memanaskan mesinnya. Dan kali ini sangat istimewa, karena bakal digaungkan tepat 10 tahun atau satu dekade usia penyelenggaraannya. Tahun ini, RIC bakal digelar di Parking Lot Trans Studio, Makassar, Sulawesi Selatan pada 23-24 November 2019 mendatang.

Hingga artikel ini ditulis, sebagian nama penampil sudah diumumkan. Di antaranya ada Deadsquad (Horror Vision Reunited), NTRL, .Feast, The Adams, Rocket Rockers hingga pejuang hardcore lokal, Frontxside. Mereka dicanangkan berbagi panggung dengan penampil di luar ranah musik keras seperti Padi Reborn dan Kunto Aji. Sementara untuk headliner dari mancanegara, panggung RIC juga bakal digetarkan oleh pejuang sludge metal asal New Orleans AS, Eyehategod (EHG).

Menghadirkan band mancanegara memang menjadi salah satu agenda tahunan yang selalu diusahakan oleh penyelenggara RIC. Paling tidak itu yang ditegaskan oleh Hardinansyah Putra Siji, pencetus Rock In Celebes. “Namun tidak prioritas,” ujarnya kepada MUSIKERAS menegaskan.

Ardy – begitu ia biasa disapa – lebih menekankan pada maksud bagaimana festival ini juga bisa ditawarkan ke dunia luar. Dan tahun ini terjaringlah EHG. “Yang mana sebelumnya banyak juga band yang coba kami tawarkan. EHG adalah salah satu yang bisa menyesuaikan, baik secara jadwal maupun pertimbangan biaya buat kami.”

EHG sendiri sudah menggeliat sejak 1988 silam dan telah merilis lima album studio, yakni “In the Name of Suffering” (1992), “Take as Needed for Pain” (1993), “Dopesick” (1996), “Confederacy of Ruined Lives” (2000) dan “Eyehategod” (2014). Karakter musik band yang kini dihuni formasi Jimmy Bower (gitar), Brian Patton (gitar), Gary Mader (bass), Aaron Hill (dram) dan Mike Williams (vokal) merupakan hasil dari persilangan Melvins, Carnivore, The Obsessed, Discharge, Black Flag, Corrosion of Conformity, Black Sabbath, Celtic Frost, Confessor, Saint Vitus hingga Black Sabbath.

Oh ya, sedikit menengok ke belakang, festival RIC sendiri diawali dari penyelenggaraan gigs reguler bernama Chambers Show pada 2004 silam, yang lantas terus bergulir dan berkembang menjadi sebuah medium festival bernama Rock In Celebes pada 2010. Hingga kini bisa mencapai usia satu dekade tentunya bukan hal yang mudah untuk dilalui. Namun menurut Ardy, maraknya kegiatan festival belakangan ini menjadi salah satu faktor positif yang membuat skena bergairah. Paling tidak, tantangannya menjadi sedikit berkurang, karena peminat meningkat dan esensi festival semakin dipahami.

“Berbicara dalam konteks festival, festival punya posisi untuk menjadi barometer terhadap perkembangan industri musik, termasuk regenerasi musisi yang mana festival bisa memberikan andil dengan membuka kesempatan menampilkan musisi-musisi baru misalnya. Itu salah salah satu trik kami, membuat program showcase untuk memberi kesempatan talenta baru, yang bisa kami ajak bukan hanya dari lokal Makassar namun terbuka sacara nasional. Selain itu, festival itu komoditi-nya service, jadi festival yang baik adalah bagaimana bisa menyediakan dan melakukan service yang baik terhadap pengunjung, terlepas berbicara esensi apa yang ditampilkan dari sisi performer dan rangkaian programnya.”

Lalu setelah mencapai 10 tahun, apa target berikutnya buat RIC?

“Kami merasa bangga karena festival (RIC) ini sudah lama dicetuskan. Kami terus berharap mendapat kepercayaan dan kesetiaan dari masyarakat lebih luas, khususnya di Makassar. Juga terus berharap talenta-talenta yang baik terus bermunculan dan bisa terasosiasi dengan festival ini. Untuk program berikutnya, kami akan merilis buku 10 tahun Rock In Celebes, dan gelar tur launching, pameran dan showcase di berbagai kota. Untuk jangka panjang, kami sedang menargetkan bisa menghadirkan tempat pertunjukan khusus dengan program reguler. Termasuk flagship store untuk aneka merchandise Rock In Celebes.”

Untuk informasi lebih lengkap mengenai RIC 2019, termasuk harga dan tata cara pembelian tiket, bisa mengunjungi situs resminya di rockincelebes.com atau via akun Instagram @rockincelebes. (mdy/MK01)

.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *