JOGJA MUSIC WEEK 2021 Bersiap Gulirkan Arti di Tengah Pandemi

Dengan tujuan memberikan ruang apresiasi dan presentasi bagi musisi dan talenta-talenta muda, khususnya dalam proses kreatif di dunia musik industri, sebuah event festival berbendera “Jogja Music Week” (JMW) siap digulirkan. Sebagai bagian dari Pangan Fest 2021, JMW bakal digelar selama sepekan di tujuh (7) titik coffee shop berbeda di Kota Yogyakarta, dengan konsep panggung Open Gigs. 

Pilihan konsep ini, sebagaimana dijelaskan Founder JMW, Bakkar Wibowo, bukan tanpa alasan. Dengan terapan Open Gigs, para talenta baru dan musisi yang akan tampil, akan mendapatkan pengalaman secara langsung, sekaligus kedekatan (intimacy) dengan penikmatnya. 

“Jadi, bukan hanya dalam keahlian musikalitas bermusik di atas panggung yang kita dapatkan. Tapi juga akan mendapatkan pengalaman kemampuan teknis secara langsung dari atas panggung,” ujar Bakkar Wibowo, Rabu (3/2/2021).

Pagelaran JMW seri pertama dan pembuka tahun ini akan berlangsung pada Februari 2021 mendatang. Karena masih dalam masa pandemi dalam pagelaran perdananya, akan menggunakan konsep tapping on venue. “Artinya, nantinya akan diputar premiere melalui channel YouTube Jogja Music Week,” kata Bakkar, yang sebelumnya juga dikenal sebagai konseptor Jogjarockarta Festival.

JMW sebagai produk festival juga membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan entitas lainnya, khususnya justru yang berada di luar musik, yang memiliki komitmen terhadap perkembangan dan pertumbuhan ekonomi lokal atau gerakan sosial masyarakat. Hal ini dilakukan menimbang produk branding JMW nantinya tidak hanya ihwal company branding

“JMW diharapkan nantinya mampu menjadi media partner dalam cultural branding, tourism branding, city branding, dan brand campaign,” ujar Bakkar lagi, menekankan.

Berikut tujuh titik coffee shop yang tersebar di kota Yogyakarta yang akan digunakan sebagai venue gelaran JMW 2021, yaitu Selimbi Resto, Zippy Cafe, Luksi Kopi, Kyoto Garage Cafe & Kitchen, Balakosa Coffee & Co, Kancane Coffee, Tea Bar And Resto dan Warung Heru.

Sedangkan talenta dari berbagai nama band dan solois yang telah dikurasi sedemikian rupa, dari sejumlah musisi muda berbakat, yang bersiap memberikan kesegaran musikal baru. Mereka adalah Senja, Nona Sepatu Kaca, Putri Ariani, Jono Terbakar, Bemandry, Olski, Holaspica, Perahu Karet, Mahijadedi X GNTZ, Mitty Zasia, Fayrush, Archiblues, Megantoro, Jasmine Elektrik, Korekayu, NOK37 dan The Anwar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *