Kabar Keras Dunia: Dari METALLICA Hingga BABYMETAL

Album terlaris METALLICA sepanjang masa, “The Black Album/Metallica” tak terasa telah berusia tiga dekade. Untuk merayakannya, raksasa thrash metal tersebut bakal merilis versi remastered dari “Black” pada 10 September 2021 mendatang, via label mereka sendiri, Blackened Recordings. Selain diedarkan dalam format CD standar serta piringan hitam (vinyl) 180 gram, akan tersedia pula berbagai paket CD yang antara lain memuat arsip audio demo album tersebut, beberapa rekaman wawancara serta audio rekaman konser. Juga ada DVD yang menayangkan proses penggarapan “Black” di studio, video musik hingga konser. Lalu juga ada buku setebal 120 halaman, buku lirik, bonus lempengan pemetik gitar (pick), tali gantungan kartu identitas (lanyard) dan banyak lagi bonus lainnya. Untuk menemani album “Black”, juga ada kepingan “The Metallica Blacklist”, yang merangkum 53 trek interpretasi berbagai musisi dan penyanyi terhadap lagu-lagu di album “Black”, yang dibawakan dalam berbagai genre. Di antaranya ada Miley Cyrus, Ghost, Weezer, Royal Blood, St. Vincent, Corey Taylor, Cage The Elephant, Volbeat, The HU, My Morning Jacket hingga Rodrigo Y Gabriela. Sejauh ini, “The Black Album” yang antara lain melejitkan lagu “Enter Sandman”, “The Unforgiven”, “Nothing Else Matters”, “Wherever I May Roam” dan “Sad But True” telah terjual sebanyak lebih dari 30 juta keping di seluruh dunia.

.

Sebuah buku yang khusus merangkum periode kejayaan salah satu sub-genre dalam sejarah musik keras dunia, nu-metal, siap diedarkan mulai 29 Juli 2021 mendatang. Buku berjudul “Nu Metal: A Definitive Guide” tersebut akan tersedia pertama kali di Inggris, lalu menyusul di Amerika Serikat dan seluruh dunia pada 24 September. Atau juga melakukan pemesanan daring via Amazon, Barnes & Noble, Waterstones, WH Smith dan Walmart. Di buku yang ditulis oleh Matt Karpe yang berasal dari Inggris tersebut antara lain mengulas band-band seperti KORN, LIMP BIZKIT, LINKIN PARK hingga SLIPKNOT. Juga ada wawancara khusus dengan beberapa musisi seperti Miguel ‘Meegs’ Rascón (COAL CHAMBER), Robb Rivera (NONPOINT), Jon Wysocki (STAIND), Fallon Bowman (KITTIE), Tye Zamora (ALIEN ANT FARM), Mike Sarkisyan (SPINESHANK) dan Mikey Doling (SNOT).

.

MOTIONLESS IN WHITE, unit metalcore asal Pennsylvania, AS telah meluncurkan video musik untuk single terbarunya, “Thoughts & Prayers”. Karya rekaman terbaru mereka ini diproyeksikan sebagai gerbang pembuka menuju album baru yang masih dalam proses penggodokan, dan merupakan karya orisinal pertama mereka sejak merilis album “Disguise” pada 2019 lalu. Konsep dan produksi dari visualisasi di video itu sendiri digarap sang gitaris, Ricky Olson. Pada 9 September 2020 lalu, Motionless In White sempat merilis single daur ulang milik The Killers, “Somebody Told Me” yang tersedia di berbagai platform digital.

.

Album mini (EP) terbaru dari pelaku black metal legendaris asal Norwegia, MAYHEM yang berjudul “Atavistic Black Disorder / Kommando” telah dimuntahkan ke publik metal pada 9 Juli 2021 mendatang. Sebuah video visualisasi dari singlenya, “Everlasting Dying Flame” bisa disaksikan di bawah artikel ini. Di EP ini, Mayhem juga menyertakan beberapa nomor cover version dari beberapa band yang menginspirasi mereka. Lagu tersebut adalah “In Defense Of Our Future” (DISCHARGE), “Hellnation” (DEAD KENNEDYS), “Only Death” (RUDIMENTARY PENI) dan “Commando” (RAMONES), yang tentu saja disuguhkan dengan olahan musik yang gelap. Selain itu, ada pula sebuah lagu berjudul “Voces Ab Alta” yang belum pernah dirilis sebelumnya, serta dua lagu lagi yang pernah menjadi trek bonus di album “Daemon” (2019) yakni “Black Glass Communion” serta “Everlasting Dying Flame”.

.

Setelah sukses menggelar 10 seri konser di Nippon Budokan, Tokyo, kelompok pop metal asal Jepang, BABYMETAL kini mengumumkan bakal menyuguhkan penampilan tambahan (encore) yang bakal disiarkan global secara streaming pada Sabtu, 24 Juli 2021 mendatang. Tiket untuk menyaksikan konser bertajuk “10 Babymetal Budokan” tersebut sudah bisa didapatkan via babymetal.live, dengan tambahan paket merchandise terbatas serta pra-pemesanan album rekaman konser yang juga bertajuk “10 Babymetal Budokan”. Album rilisan Babymetal Records ini sendiri memuat 13 lagu, di antaranya “Gimme Chocolate!!”, “Distortion” (feat. Alissa White-Gluz), “Pa Pa Ya!!” (feat. F.Hero), “Megitsune”, “Karate” dan “Road Of Resistance”, dan bakal diedarkan secara resmi mulai 1 Oktober 2021 dalam format digital dan fisik (CD dan piringan hitam).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *