Kabar Keras Dunia: Dari CODE ORANGE Hingga ARCHITECTS

CODE ORANGE melanjutkan keperkasaan yang mereka tancapkan di album “Underneath” (2020), yang telah membuahkan nominasi Grammy Awards kedua untuk kategori “Best Metal Performance”. Kali ini, unit cadas asal Pennsylvania, AS ini sudah meluncurkan karya rekaman baru lagi, berupa single bertajuk “Out For Blood” yang dikumandangkan berbarengan dengan sebuah video musik garapan sutradara Max Moore.

“Out For Blood” sendiri digarap Eric Balderose (vokal/kibord/gitar), Reba Meyers (vokal/gitar/bass), Jami Morgan (vokal/dram), Joe Goldman (bass) dan Dominic Landolina (gitar) bersama Rob Cavallo, produser yang juga pernah mengeksekusi proses rekaman untuk album milik My Chemical Romance dan Green Day. 

Code Orang yang terbentuk pada 2008 lalu, sejauh ini sudah merilis album studio, yakni “Love Is Love/Return to Dust” saat masih mengibarkan nama Code Orange Kids (2012), “I Am King” (2014), “Forever” (2017) dan “Underneath”. Saat ini, untuk kebutuhan tur, posisi di balik perangkat dram yang lowong diisi oleh Max Portnoy (Tallah), putra dramer legendaris Mike Portnoy (eks Dream Theater/Sons of Apollo/The Winery Dogs). 

.

SION, proyek kolabrasi antara mantan vokalis KILLSWITCH ENGAGE, Howard Jones dengan gitaris virtuoso yang mengibarkan namanya di jagat YouTube, Jared Dines telah mengumumkan bakal merilis album debutnya pada 26 November 2021 mendatang. Ada 12 lagu yang termuat di karya rekaman kolektif tersebut, yang digarap selama hampir dua tahun dan dirilis secara mandiri. Setelah menggebrak pertama kali lewat single debut berjudul “The Blade”, kini SION kembali memanaskan kuping skena metal via single kedua bertitel “More Than Just Myself”.

.

Unit industrial metal paling kontroversial di dunia, RAMMSTEIN datang lagi dengan karya rekaman album baru. Kabar itu disampaikan oleh gitarisnya, Richard Z. Kruspe, sambil juga menegaskan bahwa jadwal peluncurannya bakal dilakukan sebelum mereka menggelar tur dunia. Album studio terakhir atau yang ketujuh yang dirilis Rammstein adalah album tanpa judul, diedarkan pada Mei 2019 lalu via label UME/Spinefarm di Eropa dan Caroline Records untuk kawasan AS.

Sejauh ini, sejak terbentuk pada 1994 silam, Rammstein masih diperkuat formasi yang sama, walau dua personelnya kini juga menjalani band sampingan. Richard Kruspe membentuk grup Emigrate, sementara vokalis Till Lindemann mendirikan proyek solo bernama Lindemann sejak 2015 lalu. Personel Rammstein lainnya adalah Paul Landers (gitar), Oliver Riedel (bass), Christoph Schneider (dram) dan Christian ‘Flake’ Lorenz (kibord/programming).

.

Grup rock baru bernama NHC yang diisi oleh nama-nama yang sudah tidak asing di pentas rock dunia, kembali menggeliat. Mereka adalah gitaris Dave Navarro dan bassis Chris Chaney dari JANE’S ADDICTION, serta dramer Taylor Hawkins dari FOO FIGHTERS. Tidak butuh waktu lama, NHC langsung meluncurkan dua single baru lagi untuk semakin menancapkan eksistensi mereka. Lagu tersebut adalah “Devil That You Know” dan “Lazy Eyes”. Di sini, Taylor tidak sekadar memainkan dram, namun juga mengemban tugas di lini vokal. Sebelumnya, pada September lalu, NHC juga sudah merilis dua single perkenalan, yaitu “Feed The Cruel” dan “Better Move On”. Taylor dan Chris sendiri bukan pertama kalinya bertemu dalam sebuah proyek musik, karena sebelumnya, keduanya tercatat sebagai personel band pengiring penyanyi Alanis Morisette pada pertengahan era ‘90an silam.

.

Buat yang kangen bisa menyaksikan penampilan panggung ARCHITECTS terbaru, boleh nih siap-siap mengakses hajatan konser virtual yang bakal digelar unit post-metalcore asal Inggris tersebut. Para personelnya, yaitu vokalis Sam Carter, dramer Dan Searle, bassis Ali Dean serta gitaris Josh Middleton dan Adam Christianson bakal menggelar konser streaming yang eksklusif di studio legendaris Abbey Road pada 11 Desember 2021 mendatang. Penampilan mereka nantinya bakal didukung pula oleh para musisi klasikal yang tergabung di Parallax Orchestra. Kelompok orkestra yang dinakhodai konduktor Simon Dobson ini sangat disegani di Inggris, yang tercatat pernah memenangkan penghargaan British Composer award (BASCA) sebanyak tiga kali.

Konser di Abbey Road itu sendiri bakal ditayangkan via platform Veeps dan akan tetap tersedia selama 24 jam setelah konser berlangsung. Informasi mengenai tiket bisa didapatkan di sini:https://architects.veeps.com/. Pada februari 2021 lalu, ARCHITECTS merilis album studio kesembilan mereka, bertajuk “For Those That Wish To Exist” via Epitaph Records dan berhasil menempati peringkat puncak album terlaris di Inggris.

.

Karir KORN belum usai. Kini salah satu legenda nu metal tersebut bakal meluncurkan album baru lagi pada 4 Februari 2022. Judul karya album terbarunya adalah “Requiem”, dan bakal diedarkan melalui label Loma Vista Recordings. Sebagai pemanasan, mereka juga telah mempertontonkan video musik untuk single pertama album tersebut, yakni “Start The Healing”, yang digarap oleh sutradara Tim Saccenti (Flying Loyus, Depeche Mode). Peracikan rekaman “Requiem” sendiri dieksekusi Korn bersama produser Chris Collier. Album yang bakal beramunisikan sembilan lagu ini bakal diedarkan dalam berbagai format. Selain digital, juga ada dalam kemasan piringan (vinyl) berwarna perak, dan hanya tersedia dalam jumlah terbatas, hanya 1000 keping.

.

Kredit foto: Jimmy Fontaine (Code Orange)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *