Album Baru SUPERGLAD Sarat Kolaborasi Produser

Di usia 14 tahun, Superglad bangkit dengan suguhan khusus untuk merayakannya. Rencananya, April 2017 mendatang, band yang masih diperkuat formasi Lukman “Luk’s” Laksmana (vokal, gitar), Agus “Giox” Purnomo (bass), Frid Akbar (dram) dan Dadi Yudistira (gitar) ini akan meluncurkan album terbaru, atau yang ketujuh dalam perjalanan karir mereka.

Lalu apa yang istimewa dari sekadar album baru?

“Di album ketujuh ini, kami mengajak beberapa teman musisi. Bukan untuk berkolaborasi, tapi untuk menjadi produser,” ungkap pihak band, memberi bocoran kepada MUSIKERAS.

Bertepatan hari ulang tahun Superglad, yakni pada 3 Maret 2017 lalu, sebuah single baru berjudul “Hi!” telah diperdengarkan resmi. Nah, lagu ini adalah salah satu buah dari kolaborasi Superglad dengan produser tamu, dimana Luk’s dan band memilih bekerja sama dengan Iga Massardi, gitaris dan arsitek musik Barasuara. Keterlibatan Iga sendiri membawa dampak yang signifikan di lagu tersebut. Pemilihan chord dan riff yang segar membawa warna baru pada musik Superglad.

“Iga kami ajak kerja sama karena dia adalah musisi muda berbakat yang punya ide-ide ciamik dalam setiap karyanya, cetus Luk’s.

Selain Iga Massardi, ada pula Kin (gitaris The fly), Ricky Siahaan (gitaris Seringai), Yai Item (gitaris Brand New Eyes) dan Fafa, seorang gitaris yang berbakat. Juga ada proyek yang melibatkan Institut Musik Jalanan. Sementara untuk eksekusi teknis rekaman, Superglad dibantu pula oleh Yoga dari SSR dan gitaris Andre Harihandoyo untuk mixing single “Hi!”.

Menurut Superglad, keterlibatan para musisi tamu memang membawa suasana yang berbeda dan fresh. Perubahannya signifikan dan feel-nya menjadi berbeda. “Contohnya di single kami, ‘Hi!’ (Lagu) itu dulunya nggak seperti itu. Tapi di tangan Iga, riff-nya banyak berubah, distorsinya, beat dram dan lain-lain.”

Sejauh ini, persiapan akhir materi album terbaru sudah mencapai 90%, dan memasuki tahap revisi-revisi untuk mixing dan mastering. Begitu pula dengan desain artwork. “Semoga sesuai prediksi kami, akhir April bisa dirilis.”

Lewat album baru ini pula, Superglad mengedepankan misi untuk kembali dekat dengan para penggemarnya. “Kami mencoba untuk lebih dekat dengan Heroes (fans Superglad). Karena mereka sempat jauh, mungkin karena jenuh. Ada peralihan usia juga, tapi itu jadi tantangan buat kami.”

Superglad yang didirikan pada 2003 dikenal sebagai band pengusung rock yang bertenaga, cepat dan enerjik, yang banyak terpengaruh style punk yang telah tertancap kuat di jiwa para personelnya. (Mdy)

Jika Anda - para pembaca Musikeras - menyukai tulisan-tulisan kami dan ingin membantu / peduli akan kelangsungan karir media kami, dengan senang hati kami menerima donasi dari Anda secara sukarela. Bantuan dana bisa dikirimkan (transfer) via aplikasi OVO Musikeras 083822872349. Berapa pun bantuan Anda sangat berharga buat kami. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *