Para pemuja Radiohead, saatnya bersuka cita, karena salah satu karya rekaman terbaik unit rock alternatif asal Oxfordshire, Inggris tersebut, yakni “OK Computer” bakal dirilis ulang untuk merayakan 20 tahun perilisannya. Album yang antara lain memuat hit “Karma Police” tersebut dikemas dalam sebuah boxset bertajuk “OK Computer: OKNOTOK 1997 – 2017” yang bakal dirilis pada 23 Juni 2017 mendatang.

Ya, rilisan ini tentunya sangat istimewa. terdapat dua keping cakram padat (CD), yang masing-masing memuat lagu-lagu dari album asli, serta sebuah kompilasi berisi delapan trek dari B-sides (sebagian besar dari album mini “Airbag / How Am I Driving?”) dan tiga rekaman lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya, yang bertajuk “I Promise”, “Lift” dan “Man Of War”. Semuanya sudah melewati proses pengolahan mastering ulang dari pita rekaman analog-nya.

Di dalam kemasan boxset tersebut, juga terdapat tiga keping piringan hitam (vinyl) 12” serta sebuah buku bersampul tebal yang memuat 30 desain karya seni (artwork) yang sebagian besar belum pernah dipublikasikan. Lalu disertakan pula sebuah kaset berdurasi C90 yang merangkum beberapa demo lagu serta arsip-arsip sesi rekaman “OK Computer”. Bonus lainnya adalah salinan buku catatan milik vokalis Thom Yorke sebanyak 104 halaman, sebuah salinan buku sketsa desain sampul album dari Stanley Donwood serta catatan-catatan persiapan produksi dari produser Nigel Godrich. Keseluruhan arsip dikumpulkan dari masa penggarapan rekaman “OK Computer”.

Produksi “OK Computer” yang dirilis pada 21 Mei 1997 silam digarap formasi Colin Greenwood (bass), Jonny Greenwood (gitar, kibord, piano, mellotron, organ), Ed O’Brien (gitar, perkusi), Phil Selway (dram/perkusi) dan Thom Yorke (vokal/gitar/piano/programming) di Canned Applause Studio dan di sebuah gedung ‘berhantu’ bernama St Catherine’s Court di Inggris pada periode 4 September 1995, July 1996, September 1996 hingga Maret 1997.

Setelah dirilis via label Parlophone/Capitol Records, album ini disebut-sebut oleh para kritisi dan media sebagai karya Radiohead yang eksperimental, tidak terlalu berorientasi gitar seperti album-album sebelumnya, dengan tuturan lirik bertema abstrak. Ketika dirilis, “OK Computer” melesat ke peringkat teratas terlaris di Inggris, dan melejitkan empat trek terbaik yang berjudul “Paranoid Android”, “Karma Police”, “Lucky” dan “No Surprises”. Sejauh ini, angka penjualan “OK Computer” telah menyentuh angka lebih dari 4,5 juta keping di seluruh dunia.

Sementara itu, sejauh ini angka penjualan keseluruhan album yang pernah dirilis Radiohead sejak terbentuk pada pertengahan era ‘80an sudah mencapai lebih dari 30 juta keping di seluruh dunia. Radiohead antara lain dikenal lewat lagu-lagu berjudul “Creep”, “High and Dry”, “My Iron Lung” dan “Fake Plastic Trees”. (MK03)

Kredit foto: Alex Lake

.