Usai memberi kejutan lewat peluncuran single baru bertajuk “Run” yang tanpa didahului aba-aba, kini Foo Fighters kembali menyergap. Lagi-lagi tanpa didahului woro-woro, unit rock geberan vokalis, gitaris dan penulis lagu Dave Grohl tersebut langsung mengumumkan perilisan album barunya yang berjudul “Concrete and Gold”. Akan diedarkan serentak di seluruh dunia pada pertengahan September 2017 mendatang via label Roswell Records / RCA Records.

“Saya menginginkan album Foo Fighters dengan sound termegah dibanding sebelumnya. Menghasilkan sebuah album raksasa dengan sentuhan melodi dan aransemen ala Greg Kurstin, seperti (album) ‘Sgt. Pepper…’ ala Motorhead, atau semacam itulah,” cetus Dave Grohl via press release.

Greg Kurstin sendiri adalah seorang produser yang pernah menangani produksi rekaman album pop milik Adele, Sia hingga Pink. Selain itu, ia juga sebelumnya dikenal sebagai otak utama duo indie pop, The Bird and the Bee. Lewat “Concrete and Gold” ini, untuk pertama kalinya Foo Fighters akan bekerja sama dengan Greg, mengawinkan kompleksitas harmoni khas produser tersebut dengan riff-riff terbrutal Foo Fighters.

Dave sendiri mulai terpana atas talenta Greg setelah secara tidak sengaja mendengarkan lagu “Again and Again” milik The Bird & The Bee di radio, saat menyetir mobil, sekitar empat tahun silam. “… Terdengar sangat elegan melebihi segalanya yang pernah saya dengarkan dan saya menjadi terobsesi.”

Dave mengakui, setiap menggarap album baru Foo Fighters, ia selalu berusaha menggali hal-hal baru yang akan membuat musik bandnya selalu terdengar fresh. Dan ia yakin akan menemukannya di diri Greg Kurstin, karena produser tersebut belum pernah menggarap album rock heavy sebelumnya, sementara Foo Fighters sendiri pun belum pernah bekerja sama dengan produser pop. Selain Greg, Dave juga bakal melibatkan engineer Darrel Thorp (Beck, Radiohead) untuk mengeksekusi proses mixing. “

“Concrete and Gold” juga bakal menjadi album rekaman pertama yang melibatkan kibordis Rami Jaffee sebagai personel resmi, melengkapi formasi Dave Grohl, Chris Shiflett (gitar), Pat Smear (gitar), Nate Mendel (bass) dan Taylor Hawkins (dram). (MK03)

Kredit foto: Brantley Gutierrez

.