Kepribadian ‘Jahat’ ALTRUIST Tertuang di “Vice Versa”

Kurang lebih setahun sejak meluncurkan single debut “Lantern”, kini unit metalcore/breakdown asal Surabaya ini kembali bergolak. Digarap selama kurang lebih lima bulan lantaran terhadang pandemi Covid-19, sebuah single terbaru berhasil mereka rampungkan, yang diberi judul “Vice Versa”. 

Menurut para personel Altruist, yakni Randi Noviyas (vokal), Novandryo (gitar), Chandra Dipa (gitar) dan Zaldidos (bass), “Vice Versa” merupakan sekuel, atau kelanjutan dari judul lagu sebelumnya. Dalam Bahasa Inggris, ‘Vice Versa’ bermakna ‘sebaliknya’, yang dapat diartikan sebagai ‘penjelasan bahwa itu merupakan kebalikan dari fakta pertama’.

Di lagu “Lantern”, Altruist bercerita tentang pergulatan dua kepribadian dalam satu jiwa manusia dengan sifat yang berbeda, yang sama-sama yang ingin mendominasi siapa yang berhak untuk mengendalikan jiwa tersebut. Tentunya, di dalam lagu tersebut diceritakan kepribadian yang jahatlah yang hampir sepenuhnya mengendalikan jiwa manusia itu, dan kepribadian sesungguhnya sedang mencari jalan keluar agar terlepas dan segera mengubur dalam-dalam kepribadian yang jahat, yang selama ini telah hampir terkendalikan. 

Sementara di single terbaru, melanjutkan cerita yang dibangun dari “Lantern”, tentang keadaan sebenarnya atau sebaliknya bahwa sebenarnya kepribadian yang jahat punya niat yang cukup baik dengan tujuan mempertegas agar kepribadian yang sesungguhnya dapat lebih bijak dalam menentukan keputusan.

Rekaman “Vice Versa” sendiri dilakukan di dua tempat yang berbeda, yakni di Stay Up Records serta Rambpage Records. Komposisinya dirakit lewat olahan aransemen yang bermain di pola breakdown, seperti yang telah mereka terapkan di “Lantern”, lalu ada perubahan tempo serta riff di bagian-bagian akhir. 

“(Kami) Lebih pakem ke pola musik breakdown, dan mengambil sound-sound ambience pada reff. Untuk referensi band dari luar yakni Fit For A King, Crystal Lake dan Breakdown of Sanity. Cuma yang menjadi perbedaan (dibanding ‘Lantern’) adalah dari segi sound, kami merasa lebih matang di lagu ‘Vice Versa’,” urai Altruist kepada MUSIKERAS.

Saat ini, Altruist yang resmi terbentuk pada pertengahan Agustus 2019 ini juga tengah sibuk menjalani proses penggarapan album mini (EP). Namun dalam waktu dekat, mereka akan fokus menyiapkan peluncuran single ketiga, di mana saat ini masih di fase membangun storytelling untuk lagu tersebut. Altruist berharap tahun depan perilisan single tersebut bisa terealisasikan. (aug/MK02)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *