ELEANOR Bangkitkan Keseruan Nu Metal di Single “In My Shoes”

Merasa yakin masih banyak yang merindukan nuansa nu-metal yang sempat merajalela di awal 2000-an silam, unit keras asal Jakarta ini berusaha menyeret pendengarnya larut merasakan emosi jiwa dari korban perundungan (bully) yang ingin mendapatkan perlakuan yang adil dan ingin suaranya didengar. Tema itu tersiar di lirik single fresh dari Eleanor bertajuk “In My Shoes” yang telah diedarkan di berbagai platform digital sejak 25 Desember 2020 lalu. 

Lirik yang ditulis oleh vokalis Muchamad Fachry yang dipadukan dengan olahan musik garapan gitaris Afrizya ‘Echa’ Bramandita dan dramer Aditya ‘Didit’ Mayandra (Didit) tersebut memusatkan inti cerita pada pergulatan diri korban perundungan yang merasa tersisih dan terasing dari lingkungannya karena kekurangan di dirinya. Lagu ini mengirimkan pesan yang jelas bahwa menjadi korban bully bukan akhir dari segalanya dan masih ada harapan yang wajib diperjuangkan. 

Proses rekaman “In My Shoes” sendiri digarap Fachry, Echa, Didit serta bassis Randy Allen dalam kurun waktu yang cukup singkat, dimulai sejak November 2020 lalu. Untuk pemolesan mixing dan mastering dipercayakan kepada engineer muda bernama Dwi dari Soundhead Studio yang berlokasi di kawasan Jl. Antasari, Jakarta Selatan. 

Kembali ke urusan musik, “In My Shoes” disebut Eleanor tidak hanya didominasi suntikan nu metal, namun juga unsur modern rock. “Referensi musik kami dari musik-musik nu metal dan alternative rock ‘2000an dengan sentuhan elektronik era sekarang,” cetus pihak band kepada MUSIKERAS.

Nu metal sendiri dianggap mewakili para personel Eleanor yang mengaku bertumbuh, mendengarkan dan melewati musik-musik tersebut. “Kami melihat bahwa masih banyak yang menggemari musik seperti ini karena alasan ‘rindu sound 2000an’. Bahkan sampai pendengar baru yang takjub mendengar sound-sound lawas ‘2000an yang dikombinasikan dengan jaman sekarang.”

Setelah perilisan “In My Shoes”, Eleanor langsung berkonsentrasi untuk menyiapkan single kedua yang saat ini sudah dalam proses pembuatan.

Sementara untuk rencana panjang, mereka juga mempersiapkan album secara paralel, yang dicanangkan bisa rilis tahun ini juga. (aug/MK02)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *