Muak Pandemi, SNAPBURN Serukan Tekad “Survive”

Berawal dari kondisi yang mengharuskan orang-orang untuk bertahan di situasi pandemi, dimana semua kegiatan harus terhenti dan berdiam di rumah, maka terciptalah single “Survive”, karya unit alternative rock/rap rock asal Kediri, Jawa Timur ini. 

“Semua orang pasti sudah sangat muak dengan situasi pandemi yang tidak jelas bagaimana solusinya. Nah ‘Survive’ wajib untuk didengarkan karena lirik dan nuansa lagu yang kami buat sangat berhubungan dengan kejadian yang kita semua alami di setahun terakhir. Setelah kalian semua mendengarkan ‘Survive’, harapan kami lagu ini dapat membangkitkan spirit dan energi para pendengar untuk bertahan dan bangkit melewati situasi yang belum ada ujung solusi yang pasti,” beber Snapburn kepada MUSIKERAS, mengurai pesan di balik singlenya.

“Survive” adalah single pertama yang dirilis Snapburn di 2021. Menurut para personelnya – Akselza Trigaskara (gitar), Agung Kris Herdyanto (dram), Max Xaviero (vokal), Ken Kurniawan (bass) dan Mac Adiatma (MC) – proses penggarapannya cukup unik karena dilakukan secara virtual. 

Dimulai dari Axel yang menyodorkan materi lagu kepada personel lainnya di Snapburn. Dari situlah lantas muncu ide dari Max dan Mac untuk menulis liriknya. Mac melampiaskan lirik rap yang mendefinisikan bagaimana kondisi pandemi di sepanjang 2020, sementara Max yang menggambarkan dampak dan bagaiman cara untuk bertahan di situasi pandemi tersebut. Dan dengan ikut andilnya Agung dan Ken di garapan musiknya membuat lagu “Survive” menghadirkan nyawa yang lebih kuat. 

Dari segi musikal, nuansa yang dibangun Snapburn dibuat terkoneksi dengan judul lagu. Sedikit banyak, mereka mengakui terpengaruh karya-karya band dunia seperti Linkin Park, Saosin, Bring me The Horizon dan Limpbizkit.

“Dengan segala situasi pandemi ini, kami menuangkan gambaran instrumentasi atau komposisi musik yang didengar terkesan chaos dan penuh emosional, dengan tone distorsi high gain, lalu ditambah adanya unsur elektro dan sedikit sentuhan strings orchestra membuat ‘Survive’ ini lebih terlihat garang dan mewah.” 

Setelah perilisan “Survive”, SnapBurn yang terbentuk sejak 2014 ini telah menyiapkan satu single lagi yang bakal diluncurkan dalam waktu dekat, sebagai langkah pemanasan menuju perilisan album mini (EP) berikutnya. Konon, kini prosesnya sudah memasuki tahapan mixing dan mastering. (aug/MK02)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *