Bisa dibilang, perombakan formasi menjadi akar kembalinya energi kreatif dari unit metalcore asal Serang, Banten ini. Enam tahun mengendap tanpa karya rupanya dimanfaatkan Goskysoul untuk membenahi internal band, mencari musisi yang mereka anggap lebih menguasai bidangnya. 

Hasilnya, selain Rafly (dram/vokal latar) dan Kelli (programmer/vokal latar) – dua personel yang tersisa dari formasi sebelumnya – Goskysoul kini juga diperkuat oleh Rifki ‘Mawl’ Mawlana (vokal), Umar Wira (gitar), Della Tenia Putra (gitar) dan Nugraha (bass). Kolaborasi segar inilah yang lantas membuahkan sebuah single enerjik bertajuk “Poisonoid”. 

“Dan ini adalah pertama kali single kami memakai ambience, sentuhan string choir, dan elemen aksen DJ electronic guna kepentingan karakter single yang kami bangun,” seru pihak band kepada MUSIKERAS, menegaskan tentang konsep singlenya lebih jauh.

Oh ya, saat masih diperkuat formasi lama, Goskysoul (sebelumnya ditulis “Go! Sky Soul”) sudah pernah merilis single “Never End”, “Feels Like Hate”, “Monster Earing the Music” dan “Soul Have Fun”.

.

.

Konsep awal “Poisonoid” sendiri mulai dikerjakan pada awal 2020 silam. Sebuah proses yang melibatkan kerja sama jarak jauh. “Single ‘Poisonoid’ ini bisa dibilang projek ‘LDR’ (long distance relationship) dan agak lama pengerjaannya dibanding single yang lain, karena kesibukan masing-masing dan beberapa personel ada yang singgah di luar kota. Ditambah lagi (digarap) di tengah pandemi ini sehingga sulit untuk bertemu. Baru awal 2021 single kami benar-benar rampung secara proper di bawah naungan Noise Blast Records.”

Konsep single “Poisonoid” mengambil tema berita yang beredar di dunia saat ini, keresahan akan ‘Perintah Dunia Baru’ (new world order), yang dihadirkan dengan perspektif dan spekulasi bahwa Goskysoul melihat dunia ini sebagai bagian dari simulasi belaka yang sudah diatur sedemikian rupa. 

“‘Poison’ yang berarti racun, adalah suatu penawar atau solusi untuk mengubah tatanan Perintah Dunia Baru bahwa yang kuat itu yang bertahan, pengurangan populasi adalah suatu cara agar terciptanya misi dari anggota yang digdaya.”

Pesan yang mereka sampaikan tersebut lantas dimuntahkan melalui geberan distorsi metalcore yang sedikit banyak juga terpengaruh elemen nu metal serta modern core. “Dengan sentuhan electronic dan ambience andalan seperti band While She Sleeps, Polaris, Bring Me The Horizon, bahkan Korn dan Linkin Park.”

Selain “Poisonoid”, Goskysoul yang telah menancapkan eksistensinya di skena sejak 2009 silam ini juga tengah menggarap single-single lain. Kemungkinan besar, dalam dua bulan ke depan, mereka akan kembali meluncurkan karya lagu baru, sebelum mengerahkan konsentrasi ke eksekusi penggodokan album penuh. (aug/MK02)