SHCKTHRPY Beri Kejutan Nu Metal, Rilis Single “Bersukalah!!!”

Nu metal belum kehilangan magnetnya. Paling tidak bagi unit cadas groovy yang memancangkan kibaran karirnya dari kota Yogyakarta ini. Bagi SHCKTHRPY, sub-genre yang sempat ‘pecah’ di era awal 2000an itu adalah musik yang bisa mengikat chemistry para personelnya. Apalagi, mereka memang sama-sama datang dengan referensi yang sama. 

“Kami anggap cocok dengan referensi kami masing-masing yang notabene pada suka sama band-band seperti Korn, Slipknot, Limp Bizkit dan lainnya. Mungkin keistimewaannya, kami bisa enjoy dengan musik yang kami racik tersebut. Kami bisa berada dalam frekuensi dan vibe yang sama,” seru pihak band kepada MUSIKERAS, beralasan.

“Kami berusaha membawa kembali nuansa nu metal dari era tahun 2000an, namun dengan sentuhan baru secara industrial, seperti Blue Stahli, Nine Inch Nails dan lain-lain,” imbuh vokalis Eduardus ‘Ola’ Dosinaeng mempertegas.

Dengan konsep tersebut, belum lama ini SHCKTHRPY yang juga diperkuat Iksan ‘Indra’ Narendra (dram), Ardi Andhananto (bass) dan Fathin Firaz (gitar) merilis single ketiga setelah “Penjilat” (2018) dan “Where Hates Found Me” (2020), yang bertajuk “Bersukalah!!!”.

.

.

Di single ini, SHCKTHRPY intinya menyampaikan pesan bahwa musuh terhebat adalah orang terdekat kita. Mereka yang tahu rahasia, aib bahkan rencana kita, pasti akan menggunakannya sebagai senjata untuk melukai. Dengan demikian tak perlu ada penyesalan, nikmati luka itu dan bersukalah! 

Proses kreatif penggarapan “Bersukalah!!!” sendiri sebenarnya tidak berlangsung lama. Hanya karena masing-masing personel tinggal berjauhan, sehingga sedikit menjadi kendala dan membuatnya terlihat lama. Padahal jika dihitung secara seksama, proses perekaman hanya berlangsung seminggu. 

“Dikarenakan tidak semua personel berada di Yogyakarta, proses pembuatan lagu dilakukan dengan membagi-dengarkan materi lagu di grup dan saling mengisi part sesuai dengan ide masing-masing. Setelah materi disepakati bersama, semua personel mengatur waktu berkumpul di Jogja untuk jamming, mencari harmonisasi dan melakukan revisi.”

Proses rekaman instrumen dan vokal “Bersukalah!!!” dilakukan di dua tempat, yaitu JAS (Jogja Audio School) dan PSBK (Padepokan Seni Bagong Kussudiarja), yang melibatkan Momo Biru (Zima) sebagai produser untuk urusan penataan musiknya. Sementara untuk pemolesan mixing dan mastering dipercayakan kepada dramer Indra serta Ian Anatha (Alectrona).

Setelah merilis “Bersukalah!!!”, SHCKTHRPY yang terbentuk pada Januari 2017 selanjutnya sudah mempersiapkan materi album pertama, yang dicanangkan bakal disesaki 10 amunisi lagu, bekerja sama dengan salah satu label di Jakarta, yakni Off The Record untuk pendistribusiannya.

“Perilisan album fisik pertama kami sempat tertunda karena pandemi. Sejauh ini, bisa dibilang progresnya sudah 90%, tinggal melakukan finishing di beberapa hal, salah satunya adalah strategi perilisannya.”

“Bersukalah!!!” sudah bisa didengarkan via berbagai platform digital seperti Spotify, Apple Music dan Joox. (aug/MK02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *