Kabar Keras Dunia: Dari SPIRITBOX Hingga DARKTHRONE

Hari ini, trio metal modern asal Kanada yang kini tengah menjadi sorotan dunia, SPIRITBOX telah merilis single terbarunya, yang bertajuk “Circle With Me” via label Rise Records. Lagu ini sekaligus mengantarkan para pemuja band ini menuju perilisan album debut yang sudah rampung digarap sejak awal 2021 lalu. Namun hingga saat ini, belum diumumkan tanggal pasti perilisan resminya. Tentang “Circle With Me” sendiri, menurut vokalis Courtney LaPlante, sebenarnya merupakan lagu yang justru ditulis di studio sebagai tambahan pada menit terakhir. “Salah satu dari banyak alasan kami sangat bersyukur tidak lagi bekerja secara eksklusif dari jarak jauh. Ini menangkap spektrum emosi yang saya rasakan akhir-akhir ini tentang musik saya.”

.

Terhadang kondisi dramer Tom Hunting yang sedang berjuang melawan Karsinoma sel skuamosa (KSS), sejenis kanker kulit yang menyerangnya, pejuang thrash metal senior asal San Francisco, AS, EXODUS terpaksa menunda perilisan album terbarunya, “Persona Non Grata” hingga November 2021 mendatang. Lagu-lagu di “Persona Non Grata” sendiri menampilkan kontribusi pertama vokalis Steve ‘Zetro’ Souza, sejak bergabung kembali untuk menggantikan Rob Dukes. Zetro sendiri, sebelumnya pernah memperkuat Exodus pada periode 1986 hingga 1993, dan dari 2002 hingga 2004. Musisi lain yang berkontribusi di “Persona Non Grata” adalah gitaris Gary Holt dan Lee Altus dan bassis Jack Gibson.

EPICA memecah kevakuman masa pandemi. Unit symphonic metal kelas elit asal Belanda ini telah mengumumkan bakal menggelar konser virtual (streaming) pertamanya pada Sabtu, 12 Juni 2021 mendatang. Di hajatan bertajuk “Omega Alive” tersebut bakal digelar sebagai bagian dari promo album terakhir mereka, “Omega” yang dirilis via Nuclear Blast Records pada 26 Februari 2021 lalu. Setelah disiarkan secara streaming, konser itu masih bisa ditonton berdasarkan permintaan selama 72 jam ke depan. Info tentang harga tiket dan hal-hal teknis lainnya, selengkapnya bisa dilihat di www.EpicaStream.com.

Sama seperti Epica, salah satu raksasa symphonic metal dunia asal Finlandia, NIGHTWISH juga telah mengumumkan bakal mempersembahkan konser virtual spesial selama dua malam, yang bakal dilangsungkan pada 28 dan 29 Mei 2021 mendatang. Di paket konser bertajuk “An Evening with Nightwish In a Virtual World” tersebut dicetuskan sebagai gebrakan pembuka sebelum menggelar rangkaian konser dunia untuk mempromosikan album “Human. :II: Nature” yang dirilis pada April 2020 lalu. Di momen itu pula, tepatnya beberapa jam sebelum konser dimulai, rencananya akan diumumkan nama musisi pengganti Marco Hietala, pembetot bass Nightwish yang memutuskan mengundurkan diri sejak Januari 2021 lalu.

Salah satu perintis black metal dari Norwegia, DARKTHRONE bakal melontarkan karya album terbarunya, yang bertajuk “Eternal Hails……” pada 25 Juni 2021 mendatang via Peaceville Records. Kali ini, kedua personelnya; Fenriz (Gylve Fenris Nagell a.k.a. Fenriz dan Ted Skjellum a.k.a. Nocturno Culto ingin melampiaskan dahaga akan lagu-lagu ‘gelap’ berdurasi panjang di karya rekaman tersebut. Sebuah obsesi yang terpicu beberapa referensi, seperti Black Sabbath, Celtic Frost album “Dawn Of Meggido” serta album “Epicus Doomicus Metallicus” dari Candlemass.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *