Eksplorasi Seru PHINISI EAST KINGDOM Libatkan WINKY WIRYAWAN

Trio unik nan misterius yang berkibar dari kota Anging Mamiri, Makassar ini hadir lewat konsep rock yang terbilang segar. Lewat single terbarunya yang bertajuk “Stronger”, entakan enerjik bernuansa R&B yang disiram geberan distorsi gitar di musiknya diriuhkan dalam takaran yang nyaman di kuping siapa pun. 

Lalu, satu lagi hal yang menarik dari single kedua ini adalah kolaborasi Phinisi East Kingdom (PEaK) dengan DJ/gitaris Winky Wiryawan dan penyanyi soul wanita asal Bandung, Agis Kania. Keduanya memberi sentuhan dan energi yang sangat berbeda terhadap single “Stronger”, sekaligus memperkaya keunikan aransemennya.

Sementara dari sisi lirik, PEaK menekankan pada misi untuk menyebarkan positivitas. Termasuk di lagu “Stronger” yang mengandung pesan dari dua orang sahabat, yang saling mendorong satu sama lain untuk bersabar ketika menghadapi masalah atau rasa sepi. Segelap apa pun sebuah keadaan, matahari akan terbit. Beban apa pun yang ditanggung akan membuat seseorang menjadi semakin kuat untuk menjalani kehidupan.

Proses rekaman “Stronger” dimulai Ra (vokal/gitar), Zack (bass/synth/vokal latar) dan Dri (dram/vokal latar) pada awal Mei 2021 lalu. Sekitar sebulan setelah mereka melepas single debut yang berjudul “Feel Free”. Proses rekaman berlangsung selama kurang lebih dua minggu, yang dieksekusi di Ruang Bunyi Studio.

Menurut tuturan PEaK kepada MUSIKERAS, dari segi musikal mereka menggabungkan beberapa genre yang menurut mereka cocok untuk mendapatkan varian musik yang bisa dibilang fresh. “Dengan harapan musik kami ini bisa menjadi referensi untuk penikmat musik lainnya,” urai pihak band mengungkapkan alasan.

.

.

Ihwal adanya ‘campur tangan’ Winky Wiryawan dan Agis Kania juga sudah menjadi niat awal PEaK saat mulai menggarap lagu “Stronger” tersebut. Mereka sudah sepakat untuk membuat suatu karya yang berkolaborasi, dan setelah proses rekaman versi PEaK rampung, mereka merasa bahwa “Stronger” akan terdengar lebih manis jika ada sosok vokalis wanita.

“Akhirnya kami mencoba menghubungi mbak Agis dan bang Winky Wiryawan untuk mengisi part-part tertentu di lagu ini, dan syukurnya kami mendapatkan respon yang baik dari mereka. Akhirnya kami semua sepakat untuk membuat video klip dengan konsep yang sederhana. Suatu kebanggaan dan kesenangan bagi PEaK bisa mendapatkan kesempatan berkolaborasi tersebut.”

Winky sendiri mengaku sudah tertarik pada karya PEaK saat ia mendapat kiriman lagu “Feel Free” untuk di-review. Winky menyukai lagu itu dan mengungkapkan pujiannya. Lalu, pihak PEaK kembali mengirimkan materi “Stronger” dan mencoba mengajukan ajakan kepada Winky untuk berkolaborasi.

“Pas gue denger, gokil ini mashup (genre) gitu… hahaha. Gue bilang, ‘Yuuk’. So basically, bagan lagu mereka yang buat, gue isi isian gitar aja. Pas denger reff-nya, gue gas aja distorsi dan lead kecil tapi ngisi dan ngebut dikit. Soalnya udah penuh banget lagunya sama improvisasi dua vokal,” beber Winky kepada MUSIKERAS, menjelaskan konsep isian gitarnya.

Sejauh ini, PEaK yang baru terbentuk pada Februari 2021 lalu sudah menyiapkan beberapa materi lagu lainnya, yang juga digarap lebih eksploratif. Sementara itu, untuk menikmati “Stronger”, bisa langsung mengaksesnya di berbagai platform digital seperti Spotify, Deezer, Joox, Resso dan lain-lainnya. (mdy/MK01)

2 replies on “ Eksplorasi Seru PHINISI EAST KINGDOM Libatkan WINKY WIRYAWAN ”
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *