Panaskan Mesin Menuju Album Baru, HELLFREEZED Visualisasikan “Coretan Pemberontak”

Unit metalcore asal Jakarta ini kembali memaksimalkan gaung album debutnya, “Deduktif” yang dirilis resmi sejak Juni 2020 lalu. Kali ini Hellfreezed mengeksekusi lagu “Coretan Pemberontak” untuk divisualisasikan dalam format video musik.

Apa alasan memilih “Coretan Pemberontak”?

“(Karena) Lagu tersebut kami pilih karena dari segi aransemen musik mengingatkan kami pada lagu era metalcore tahun 2000-an yang cocok didengar oleh pendengar setia metal pada umumnya, dan metalcore pada khususnya,” cetus pihak band meyakinkan. 

Selain itu, lirik “Coretan Pemberontak” juga dianggap mengandung pesan yang sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapi akhir-akhir ini. Lirik yang terkesan memberontak, oleh amarah, kekesalan, dan keresahan terhadap keadaan negeri yang jauh dari kata ‘bahagia’ dan berada dalam kondisi yang memprihatinkan.

Hellfreezed yang dihuni formasi Dhanu Arviansyah (vokal), Agra Damia Saputra (bass), Yan Akbar Nugraha (gitar), Yudis Monoarfa (gitar) dan Rifki Handani (dram) menggarap video “Coretan Pemberontak” bekerja sama dengan Dea Debast Jatin sebagai sutradara. Dea sebelumnya pernah menggarap video musik untuk musisi seperti Glenn Fredly, Soulvibe hingga Sax in The City.

Proses pengambilan gambar video “Coretan Pemberontak” dilakukan di Dark Tones Alliance Studio/Blackandje Records, Jakarta Timur dengan mengusung konsep yang terinspirasi dari lukisan abstrak, yang memiliki banyak warna namun tidak beraturan. Penggambaran itu dianggap Hellfreezed merepresentasikan aksi pemberontakan dan keresahan yang selaras dengan lirik lagu. 

.

.

Produksi rekaman album “Deduktif” sendiri digodok Hellfreezed pada Oktober 2017 di salah satu studio yang berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan. Sempat terhenti, lalu dilanjutkan lagi pada Mei 2019, di sebuah studio di bilangan Cipete. Keseluruhan proses pembuatan album rampung pada Maret 2020. Dari segi musikal, Hellfreezed mengaku merangkum banyak pengaruh di album ini, karena didasari latar belakang musikal para personelnya. Mereka merambah area old school, lalu modern metal dan bahkan jazz, fusion hingga hip hop.

Setelah penggarapan video “Coretan Pemberontak”, Hellfreezed rencananya bakal mulai fokus untuk menulis karya-karya terbaru untuk kebutuhan album kedua. Bahkan saat ini sudah ada beberapa lagu yang direkam sebagai panduan (guide).

Tentunya, bakal ada hal-hal baru di sisi kreativitas musikalnya. “Kami akan mengembangkan metode penulisan lagu dan (terapan) riff-riff gitarnya. Bisa dianalogikan dari old school dan modern metal bakal kami sikat. Kalau dari sisi eksplorasinya, mungkin secara sound dan lirik,” seru Hellfreezed kepada MUSIKERAS menjanjikan.

Sebelum “Coretan Pemberontak”, Hellfreezed yang terbentuk sejak Januari 2014 ini juga telah meluncurkan video musik untuk single “Paranoid”. (mdy/MK01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *