Aksi Stoner BURNER Saat Menjadi ‘Generasi Lupa Diri’

Selaras dengan jalan pikiran di tiap-tiap insan membawa nafsu, mengedepankan muslihat palsu, dan sikap mawas diri yang angkuh. Menjadi sebab lupa diri, menguasai diri, menjadikannya sebagai sesembahan baru atas paradigma zaman beserta rupa-rupanya.

Seperti itulah proses penggarapan dan implementasi dari buah pikir yang dicurahkan unit stoner rock asal Surabaya, Jawa Timur ini, lewat lagu rilisan tunggalnya yang bertajuk “Generasi Lupa Diri”. Di sini, para personel Burner, yakni Rahmad Cahyo Gumilar aka Sances (vokal), Dicky Dhermawan (gitar), Abidzralghifari aka Icanx64 (bass) dan Ganang Yoga Utomo (dram) merasakan empati publik atas digdaya modernitas, kaum-kaum penghuni berhala baru, yang pada akhirnya melalaikan akar dari mana asal dan bentuknya.  

Burner mengeksekusi musik “Generasi Lupa Diri” dengan gelontoran resonansi ‘kotor’ di vokal, yang lantas mengilhami sekian ratus ‘gain’ panjang serta ilusi ‘fuzz bergema’. Entakan di sepanjang lagu menggambarkan intonasi yang tebal dan menggelegar. Ada pengaruh kuat dari metode ‘sludge’ langgam khas Jimmy Bower, Down hingga EyeHateGod. 

.

.

“‘Generasi Lupa Diri’ adalah materi yang sudah lama ada dan kami remake kembali. Lagu ini kami rekam di Harmony Record (milik) bassist Kobe, dengan proses kurang lebih sebulan,” ujar pihak Burner kepada MUSIKERAS, mengungkapkan.

Secara keseluruhan, Burner mendeskripsikan musiknya berupa balutan distorsi bernuansa southern rock, yang telah menjadi ciri khas band mereka. “Kami mengunakan teknik vokal parau. Khusus di ‘Generasi Lupa Diri’, kami terinspirasi dari materi-materi band Eyehategod di album ‘Dopesick’, dan juga beberapa album dari band Down.” 

Usai peletupan “Generasi Lupa Diri”, dalam waktu dekat Burner bakal melepas video lirik dan disusul versi video musik resminya. Paralel dengan rencana itu, mereka juga telah memulai penggarapan materi album pertama Burner yang sudah mencapai 80% dari keseluruhan proses. (aug/MK02)

.

.

Jika Anda - para pembaca Musikeras - menyukai tulisan-tulisan kami dan ingin membantu / peduli akan kelangsungan karir media kami, dengan senang hati kami menerima donasi dari Anda secara sukarela. Bantuan dana bisa dikirimkan (transfer) via aplikasi OVO Musikeras 083822872349. Berapa pun bantuan Anda sangat berharga buat kami. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *