“Saya mulai tidak nyaman sendirian. Dan teman-teman yang ada di tubuh Morgensoll sekarang, membuat unit ini menjadi lebih tangguh dan solid dalam berbagai prosesnya, dari rekaman sampai saat berasa di panggung.”

Pernyataan di atas menegaskan pengembangan unit post-metal asal Jakarta ini sekarang. Gitaris Haecal Aliba Benarivo a.k.a. Rivo yang sebelumnya berjalan sendiri sejak 2016 lalu, akhirnya memutuskan untuk mengemas proyek solonya ini menjadi sebuah band. Kolaborasi yang kini melibatkan dramer Bagas Wisnu Wardhana, gitaris Yohanes Devin serta bassis Adiaksa Wisesa telah menghasilkan single kelam bertajuk “Doomed” yang telah dilepas sejak 5 Februari 2021 lalu.

“Sebetulnya, kalau dari sisi eksekusi dan rasa lagunya, single ‘Doomed’ enggak banyak berbeda dibanding lagu-lagu Morgensoll yang lainnya. (Tapi) Mungkin di kondisi pandemi seperti sekarang, yang menurut saya cukup mencekam dan penuh kebingungan, single ‘Doomed’ mewakilkan perasaan tersebut,” tutur Rivo kepada MUSIKERAS mencoba menarik korelasi.

Lewat “Doomed”, Morgensoll mencoba menggambarkan suasana kehancuran pada masa ‘afterlife’. Meski tanpa vokal, sama seperti materi rilisan mereka lainnya seperti “Introvert” atau “Ngengat”, Morgensoll berkisah tentang kehampaan yang kelak akan dihadapi oleh banyak orang. Menurut Rivo, jika saat ‘afterlife’ itu datang, tidak ada satu pun yang akan tahu jawaban dari berbagai macam pertanyaan seperti; apa yang sebetulnya terjadi? Semua ini akan dibawa ke mana? Atau apa yang seharusnya dilakukan sekarang?”

.

.

Tentang proses kreatifnya sendiri, Rivo membuat bagan lagu yang kemudian dikembangkan bersama personel lainnya di dalam studio. Dari sisi teknis hingga ragam elemen tambahan lainnya, mereka rampungkan di sepanjang sesi latihan Morgensoll. Sementara dari sisi pengonsepan, Rivo melihat keseluruhan proses berjalan natural, dimana ia banyak menulis riff di Kamar Bising sebelum dieksekusi bersama Bagas serta personel lainnya. 

“Referensi untuk single ‘Doomed’ sebetulnya masih sesuai dengan benang merah dari Morgensoll. Mungkin yang sedikit membedakan itu di proses pemilihan sound dan treatment saat proses produksi, itu jauh lebih baik dari yang sebelumnya pernah kami lakukan. Karena bantuan dari sound engineer, Oyob, juga sebetulnya,” cetus Rivo lagi mempertegas.

Single “Doomed” merupakan salah satu tahap pemanasan menuju perilisan album penuh perdana Morgensoll yang bakal berjudul “Eternal”. Bila sesuai rencana akan dirilis pada Mei 2021 mendatang.

“Sejauh ini proses rekaman masih terus berjalan. Sedikit bocoran, di album nanti, Morgensoll akan mengundang Septian dari Mouthless dan Techa dari Pelteras untuk mengisi vokal di salah satu lagu. Lima (lagu) sisanya adalah trek instrumental.” 

Namun sebelumnya, guna memperpanjang masa promosi “Doomed”, Morgensoll sedang menyiapkan sebuah video musik yang digarap bersama Satrya Damarjati, seorang seniman visual asal Jakarta yang dipercayakan sepenuhnya untuk menggarap proses kreatif ini. (mdy/MK01)