ARCHITECTS Akhirnya Mendapat Pengakuan Optimal di Inggris

Setelah menggeliat selama 17 tahun dan menghasilkan delapan album penuh, unit progressive metalcore asal Inggris ini akhirnya bisa menerobos peringkat album terlaris di negaranya. Disamping itu, karya rekaman terbaru Architects yang bertajuk “For Those That Wish To Exist” tersebut sekaligus juga menjadi album pertama mereka yang tercatat di 10 besar terlaris. Sebelumnya, album “All Our Gods Have Abandoned Us” (2016) terhenti di posisi ke-15.

Kepada OfficialCharts.com, vokalis Sam Carter mengungkapkan rasa bangganya terhadap pencapaian bandnya di album terbaru tersebut. “Saya tak bisa mengungkapkan betapa ini sangat berarti buat kami. Terima kasih untuk setiap orang yang telah membeli album kami. Kami sangat mencintai kalian dan tak mungkin bisa sampai di sini jika tanpa kalian. Sungguh tak bisa dipercaya.”

Prestasi itu, lanjut Sam lagi, juga ia persembahkan untuk mendiang Tom Searle, gitaris dan penulis lagu utama di Architects yang meninggal dunia pada 20 Agustus 2016 silam akibat serangan kanker.

.

.

“For Those That Wish to Exist” yang dirilis pada 26 Februari 2021 lalu via Epitaph Records digarap Architects bersama produser Josh Middleton yang berkolaborasi dengan dramer dan penulis lagu utama Architects, Dan Searle. Dari 15 komposisi yang disuguhkan – termasuk single “Animals”, “Dead Butterflies”, “Black Lungs” dan “Meteor” – empat lagu di antaranya menghadirkan kontribusi Winston McCall (Parkway Drive), Mike Kerr (Royal Blood), Simon Neil (Biffy Clyro) dan Liam Kearley (Black Peaks).

“Album ini adalah, saya melihat ketidakmampuan kita untuk berubah ke cara hidup yang akan menopang umat manusia dan menyelamatkan planet,” ujar dramer dan penulis lagu Dan Searle. “Saya ingin bercermin dan bertanya pada diri sendiri tentang apa yang akan kita lakukan, daripada mencoba menyalahkan politisi. Perubahan harus dimulai dari tingkat pribadi. Kita perlu mengambil tanggung jawab kita sendiri. Itu harus dimulai dari sana.”

Saat pertama kali dibentuk di Brighton, East Sussex oleh saudara kembar Dan Searle dan Tom Searle, konsep musik Architects yang juga diperkuat Ali Dean (bass), Josh Middleton (gitar) dan Adam Christianson (gitar) terus mengalami pengembangan. Awalnya, sangat kuat terpengaruh formula a la The Dillinger Escape Plan yang kompleks, sibuk dan liar, lalu perlahan mulai menyuntikkan kontur melodic post-hardcore hingga menjadi lebih variatif di album “For Those That Wish to Exist” yang melebur nuansa metalcore, alternative metal, industrial metal bahkan hingga synth-pop. (*)

Kredit foto: Ed Mason

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *