Di Single Terbaru, ANARCUTE Tebar Konsep Punk-Emo?

Sama seperti single debutnya, “Dunia Belum Berakhir”, kali ini Anarcute kembali memberikan ruang seluas-luasnya bagi pendengarnya untuk berimajinasi dengan pikirannya sendiri, lewat single terbaru yang bertajuk “Nikmat Patah Hati”. Di lirik lagunya, trio pop punk ini hanya mengangkat kulit luar dari masalah yang terjadi. Dengan begitu pendengar bisa memberikan asumsi berbeda setelah mendengar lagunya.

Bukan cuma siratan tuturan lirik, namun juga lewat visualisasi video musik yang terbilang ‘panas’ dan berani. Konsep video “Nikmat Patah Hati” itu sendiri diakui band bentukan November 2019 ini terinspirasi dari film “Radit Jani” serta juga dari video klip Green Day, “Jesus of Suburbia”.

Tidak ada tendensi negatif apapun ketika menghadirkan adegan panas dalam video klip tersebut, karena niat awal Kery Kartika Fajar a.k.a. Kery Astina (vokal/bass), Muhammad Irfan Hafizh a.k.a. Hafizh Joys (gitar) dan Nobitadit (dram) memang ingin menyuguhkan konsep yang sangat emo. “Kami juga masukin insert kayak kamera 3dstereoscopic, handycam, foto speed drop dan lain-lainnya biar edgy,” urai Kery beralasan.

.

.

Demo lagu “Nikmat Patah Hati” sendiri pertama kali direkam di studio a Lam Lam dari Closehead, ketika Hafizh belum bergabung di formasi Anarcute. Setelah Hafizh resmi melengkapi Anarcute, lagu itu lantas direkam ulang di Yogyakarta, tepatnya di Ruang Audio yang kebetulan milik Hafizh sendiri.

Dari segi penataan komposisinya, kepada MUSIKERAS, Anarcute mengakui meramu “Nikmat Patah Hati” dari beberapa referensi luar. Misalnya pada bagian intro lagu, pola petikannya mengadopsi kord lagu Sum 41 yang berjudul “Pieces”. “Tapi dibuat petikan senar bass gitar. Untuk soundnya kami mengambil referensi dari lagu-lagu 5 Seconds Of Summer,” ujar mereka berterus-terang.  

Oh ya, ketika menggarap “Nikmat Patah Hati”, sebenarnya Anarcute berangkat ke Yogyakarta untuk menggarap satu album penuh sekaligus. Dan mereka bisa merampungkan keseluruhan prosesnya hanya dalam waktu seminggu. 

“Jadi bisa dibilang materi lagu sudah siap, tapi kami masih mau keluarin single-single dulu beserta video klipnya, yang nantinya akan berujung ke album.”

Lagu “Nikmat Patah Hati” sudah resmi dirilis sejak 9 April 2021 lalu, dan bisa ditemukan di berbagai platform musik digital. (aug/MK02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *