Akhirnya, pejuang metal asal San Francisco, AS, MACHINE HEAD mengumumkan bakal melepas album rekaman studionya yang ke-10 pada 26 Agustus 2022 mendatang. Kali ini berjudul “Of Kingdom And Crown” yang bakal diedarkan via label Nuclear Blast/Imperium Recordings. Di antara 13 lagu yang digeber di album tersebut, turut pula disusupkan tiga lagu yang sebelumnya sudah termuat di album mini (EP) “Arrows In Words From The Sky” (2021), yakni “Become The Firestorm”, “Rotten” dan “Arrows In Words From The Sky”.

Machine Head yang kini digerakkan formasi Robb Flynn (vokal/gitar), Wacław ‘Vogg’ Kiełtyka (gitar), Jared MacEachern (bass) dan Matt Alston (dram) menggarap rekaman “Of Kingdom And Crown” di Sharkbite Studios di Oakland, California bersama produser Zack Ohren.

Robb Flynn menyebut konsep musik album terbaru bandnya ini seperti paduan “Through The Ashes Of Empires” (2003) dan “The Blackening” (2007), dimana ia dan personel lainnya mencoba bergerak maju ke sesuatu yang segar dan baru, tetapi tetap menghadirkan getaran klasik Machine Head.

“Kami memiliki banyak hal untuk disampaikan dan ekspektasi sangat tinggi, jadi saya beruntung memiliki orang-orang hebat di sekitar saya. Jared (MacEachern) benar-benar berkembang dan menulis beberapa riff dan vokal yang hebat. Vogg menyumbangkan beberapa ide dan membawakan beberapa lagu yang sangat bagus. Ini album yang sangat heavy dari yang pernah kami alami dalam beberapa album.”

.

Para pentolan grunge legendaris, yakni gitaris Kim Thayil (Soundgarden), bassis Krist Novoselic (Nirvana) dan dramer Matt Cameron (Pearl Jam/Soundgraden) telah berkolaborasi membentuk sebuah band baru bernama 3RD SECRET. Selain mereka bertiga, formasi juga diperkuat oleh gitaris Bubba Dupree dari grup hardcore VOID dan unit alt-metal HATER, serta vokalis Jennifer Johnson dan Jillian Raye. Band ini bahkan secara mengejutkan langsung merilis album self-titled berisi 11 lagu pada 11 April 2022 lalu.

.

Album studio debut SUICIDE SILENCE, “The Cleansing” yang dirilis pada 18 September 2007 silam kini telah berusia 15 tahun. Untuk merayakannya, salah satu pentolan deathcore ini bakal mengedarkan ulang album tersebut, dalam kemasan khusus berjudul “The Cleansing (Ultimate Edition)”, dan bakal diedarkan pada 24 Juni 2022 mendatang. Tentu, format baru ini tidak sekadar menyuguhkan versi asli ”The Cleansing” yang beramunisikan 13 lagu (termasuk trek tersembunyi), namun akan ada tambahan material yang direkam dari penampilan mereka di konser “Live in Paris”. Termasuk lagu “Unanswered”, “The Price of Beauty” dan “Bludgeoned to Death”, plus beberapa versi instrumental dari rekaman latihan.

Suicide Silence yang terbentuk pada 2002 kini juga resmi kembali ke pangkuan Century Media, label yang pernah merilis album terbaik mereka, yakni “The Cleansing”, “No Time To Bleed” (2009) dan “The Black Crown” (2011). Paralel dengan rencana di atas, Suicide Silence juga sudah memulai penggarapan materi album terbarunya, yang bakal menjadi karya studio keempat bersama vokalis Hernan ‘Eddie’ Hermida (eks ALL SHALL PERISH), yang bergabung di Suicide Silence menggantikan Mitch Lucker yang meninggal dunia pada awal November 2012 silam.

.

Setelah dipanaskan dua lagu rilisan tunggal, yakni “Cyberhex” dan “Masterpiece”, MOTIONLESS IN WHITE akhirnya memastikan bakal meluncurkan resmi album terbarunya, “Scoring The End Of The World” pada 10 Juni 2022 via label Roadrunner Records. Menurut penuturan pihak band, karya rekaman kolektif terbaru mereka itu sepenuhnya mencakup jangkauan visi dinamis, sekaligus gelap dari Motionless In White, yang sekaligus menandai karya penuh pertama band bentukan 2005 ini dalam kurun waktu tiga tahun sejak merilis “Disguise” pada 2019 lalu.

“Disguise” sendiri berhasil menciptakan getaran besar di pentas musik keras, lewat lagu “Another Life” yang tercatat ditonton sebanyak lebih dari 23 juta kali di kanal YouTube. Rekor tersebut membuat “Disguise” dicatat sebagai salah satu dari 50 album metal terbaik di 2019, versi majalah Loudwire.

.

THE HALO EFFECT yang diperkuat para musisi jebolan band metal asal Swedia, IN FLAMES kembali mencecar kuping lewat karya lagu terbarunya yang bertajuk “Days Of The Lost”. Sebelumnya, band yang diperkuat oleh Jesper Strömblad (gitar), Daniel Svensson (dram), Peter Iwers (bass), Niclas Engelin (gitar) dan Mikael Stanne (vokal) tersebut telah lebih dahulu memperdengarkan lagu rilisan tunggal berjudul “Feel What I Believe” dan “Shadowminds”. Ketiga lagu yang sudah dipublikasikan itu dicanangkan bakal menjadi amunisi album studio pertama The Halo Effect yang juga diberi judul “Days Of The Lost”. Dipastikan album itu rilis resmi pada 12 Agustus 2022 via label Nuclear Blast.

In Flames sendiri saat ini digerakkan formasi Björn Gelotte (gitar), Anders Fridén (vokal), Bryce Paul (bass) dan Tanner Wayne (dram). Sementara posisi yang ditinggalkan Niclas Engelin saat ini diisi oleh mantan gitaris Megadeth, Chris Broderick.