STUBBORN Pertajam Hardcore Liar di “Raised By Eater”

Kuartet chaotic hardcore asal Serang, Banten ini akhirnya menyusul karya rilisan tunggal sebelumnya, “Doppelgänger” dengan sebuah lagu baru bertajuk “Raised By Eater”. Lagu yang telah tersaji dalam format video lirik tersebut juga akan menjadi pelumas menuju perilisan album mini (EP) “Absolut Chaos”. 

Tema, lirik dan jalan cerita tetap memperhatikan seputar ‘tabiat buruk’ serta ‘isu-isu sosial’ di lingkungan sekitar, yang menjadi tema besar dalam EP “Absolute Chaos” nanti.

“Raised By Eater” sendiri ditulis oleh vokalis Rifki ‘Mawl’ Mawlana, dan menghadirkan Hero Timothy, salah satu vokalis utama yang memiliki figur kental di skena ‘bawah tanah’ di wilayah mereka, yang dianggap membawa warna baru untuk musik Stubborn kali ini. Di lagu ini, intro dibuat langsung ‘meledak’ menandakan secara garis besar, tentang pengalaman Mawl yang mencoba keluar dari kelelahan diri di lingkungan pekerjaan yang tidak sehat. 

“Menceritakan tentang pemimpin yang sangat serakah dan kapitalis. Karakter hijau yang diberikan nuansa lagu tersebut menandakan ‘toxic’ (racun) dan analogi dari mahluk Buto Ijo yang serakah. Artwork ‘Human Greedy’ menandakan pemimpin yang serakah. Hero Timothy memberikan warna baru di karakter vokal sebagai peran antagonis,” seru pihak band kepada MUSIKERAS, merinci konsepnya.

.

.

Dipertajam dengan riff-riff berat nan padat, “Raised By Eater” dijamin mengundang keliaran ‘mosh and bangers’. Sebuah konsep hardcore yang dibalut dengan unsur chaos/chaotic yang lebih kebut, kencang dan brutal. 

“Referensi band hardcore (di sini) adalah Vein, Stray From The Path serta Knocked Loose.”

Stubborn mencanangkan bakal merampungkan EP “Absolut Chaos” pada November 2022 mendatang. Sejauh ini, prosesnya sudah rampung sekitar 75% dan bakal beramunisikan sebanyak lima trek bengis nan berbahaya.

Saat terbentuk pada 2009 silam, Stubborn yang juga diperkuat Ardiansyah ‘Ardi’ Putra (gitar), Retno Hamdani Putra (bass) dan Bagus Ardian (dram) sempat mengibarkan nama Killed For Sheilla. Namun kemudian ‘mati suri’ selama 12 tahun. Ketika masa pandemi datang, mereka bangkit dengan nama dan formasi baru, plus konsep musik yang juga telah dimodifikasi. Karya pertama mereka, “Doppelgänger” telah diedarkan via Noise Blast Records sejak 21 Januari 2022 lalu. (mdy/MK01)

.

.

Jika Anda - para pembaca Musikeras - menyukai tulisan-tulisan kami dan ingin membantu / peduli akan kelangsungan karir media kami, dengan senang hati kami menerima donasi dari Anda secara sukarela. Bantuan dana bisa dikirimkan (transfer) via aplikasi OVO Musikeras 083822872349. Berapa pun bantuan Anda sangat berharga buat kami. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *