Untuk kedua kalinya, gitaris John Frusciante kembali bergabung dengan band yang telah ikut membesarkan nama dan reputasinya, Red Hot Chili Peppers (RHCP). Berita gembira bagi penggemar setia unit alternatif dari era ‘90an tersebut disiarkan secara resmi sekitar lima jam lalu, via akun Instagram resmi mereka, @chilipeppers.

Dalam pengumumannya, gitaris Josh Klinghoffer yang tergabung di formasi RHCP selama sepuluh tahun terakhir dan terlibat di penggarapan album “I’m With You” (2011) dan “The Getaway” (2016) dinyatakan telah berpisah dengan RHCP, dan menyambut kembali kehadiran John Frusciante. 

Di mata RHCP, Josh Klinghoffer disebut sebagai ‘sebuah musik yang indah, yang sangat dihormati dan dicintai’. “Kami sangat mensyukuri masa-masa kami bersama Josh, beserta berbagai anugerah yang tak terhitung yang ia alami bersama kami.”

Awalnya, John Frusciante sendiri bergabung di formasi RHCP pertama kali pada 1988 silam, menggantikan gitaris sebelumnya, Hillel Slovak. Formasi yang juga diperkuat Anthony Kiedis (vokal), Michael Peter Balzary a.k.a. Flea (bass) dan Chad Smith (dram) inilah yang menghasilkan dua album fenomenal RHCP, yakni “Mother’s Milk” (1989) serta “Blood Sugar Sex Magik” (1991).

Namun saat menjalani tur dunia untuk promosi album “Blood Sugar Sex Magik”, John Frusciante mengundurkan diri pada pertengahan 1992 karena ketergantungan narkoba. Gitaris Jane Addiction, Dave Navarro lantas masuk menggantikan posisi yang lowong dan sempat terlibat di penggarapan album “One Hot Minute” (1995). Namun enam tahun kemudian, John Frusciante kembali bergabung dan ikut menggarap album “Californication” (1999), “By The Way” (2002) dan “Stadium Arcadium” (2006). Setelah itu, John lagi-lagi mundur dari formasi pada September 2009.

RHCP yang terbentuk di Los Angeles, AS pada 1983 silam, dikenal luas akan konsep musik yang kental akan elemen funk, punk rock dan bahkan hip hop. Dari keseluruhann 11 album studio yang pernah mereka rilis telah berhasil mencatatkan angka penjualan fisik sebesar lebih dari 80 juta keping di seluruh dunia dan juga telah mengantongi enam penghargaan Grammy. Lagu-lagu yang membuat RHCP dikenal luas di berbagai belahan dunia antara lain “Under the Bridge”, “Give It Away”, “Californication”, “Scar Tissue”, “Soul to Squeeze”, “Suck My Kiss”, “By the Way” dan “My Friends”. (MK03)

Kredit foto: Steve Keros

.