Single “Gak Jelas” dan Album Baru, Potret Daur Ulang Wajah TOILETSOUNDS

Anthem klasik kuartet indie-rock/grunge dari album debut “Minim” (1998) yang berjudul “Ngga’ Jelas (Nol)” mendapat suntikan nyawa baru. Kali ini judulnya disingkat menjadi “Gak Jelas”, dan diaransemen ulang oleh Toiletsounds ke dalam konsep musikal yang lebih segar. Bahkan yang mengejutkan, di versi terbaru yang telah dirilis via label Demajors Records tersebut, band asal Jakarta ini menghadirkan vokal dari mendiang Steven Nugraha Kaligis, atau yang lebih dikenal dengan sapaan Tepeng. Steven sendiri merupakan vokalis dari band reggae Steven & Coconut Treez yang telah meninggal dunia pada Juni 2021 lalu.

“Steven adalah seorang sahabat. Kami berangkat dari kancah musik yang sama. Kolaborasi ini ternyata jadi ajang nongkrong kami yang terakhir,” ujar Petrus Saiya, pemuka grup, vokalis sekaligus gitaris band yang terbentuk sejak 1994 silam tersebut.

Irsya Wahyudi, dramer yang juga merangkap sebagai pengarah musik di single “Gak Jelas” serta keseluruhan album baru Toiletsounds mendatang juga menambahkan, bahwa nama Steven memang sudah ada di kepalanya sejak awal memutuskan untuk mendaur ulang “Gak Jelas”. 

“Saya memilih lagu ini karena konsep gitarnya sesuai, tidak sulit meracik aransemen baru dengan konsep reggae, dan di kepala saya langsung terpikir Tepeng. Dan Almarhum juga suka lagu ini dan mau berkolaborasi, beliau juga menginginkan sebuah kenangan bersama di era pandemi, dan emang lagu ini yang paling pas untuk dikolaborasikan, di antara lagu-lagu Toiletsounds lainnya,” urai Irsya kepada MUSIKERAS, mengemukakan alasan.

.

.

Dan selain itu – seperti yang juga sudah dituturkan Petrus di atas – Tepeng memang bukan sosok asing di lingkup pertemanan Toiletsounds, bahkan sejak era ‘90an, saat Tepeng sendiri masih tergabung di band rap metal Scope. “Tepeng sering banget nonton kami manggung, dan pulang manggung biasanya kami nongkrong lagi. Kenangannya banyak. Makanya kepikiran Tepeng karena kedekatan pertemanan, sudah seperti saudara.”

Lagu “Gak Jelas” mulai direkam Toiletsounds – yang juga dihuni gitaris Ekky Cassidy dan bassis Fajar Adrian – di studio Threesixty sejak awal 2020. Lagu itu digarap bertahap hingga 2021, bersama 14 lagu lain yang bakal masuk ke dalam album terbaru Toiletsounds. Aransemen asli lagu “Gak Jelas” dirombak untuk disesuaikan dengan karakter Tepeng yang ber-genre reggae.

“Kami meracik musiknya dengan konsep grunge bertemu reggae. Dan karena situasi (pembatasan) PSBB, Tepeng merekam suara pada awal 2021, di tempat terpisah dengan Toiletsounds dan mengirimkan datanya ke saya. Alhamdulillah nggak ada revisi karena saya merasa isian vokal Tepeng sudah pas. Saat proses mixing, Tepeng wafat dan akhirnya kami dedikasikan lagu ini untuk beliau dan 100% hasil penjualan digital lagu ini akan diberikan semua kepada keluarga Almarhum,” beber Irsya meyakinkan. 

Selain Tepeng, lagu “Gak Jelas” juga menghadirkan kontribusi kocokan gitar dari Teguh Wicaksono a.k.a. Tege, yang juga merupakan gitaris Tepeng di Steven & Coconut Treez. “Tege juga antusias pengen ngisi gitar untuk mengiringi Tepeng untuk terakhir kalinya. Kami senang banget bisa berkolaborasi dengan Tege, jadi lebih komplit.”

Tentang konsep musik Toiletsounds yang bakal mewarnai sekujur album terbaru nanti, mereka menerapkan konsep yang lebih fresh dan berwarna. Bahkan ada sentuhan etnik Nusantara di beberapa lagu. Suntikan elemen etnik tersebut dimaksudkan sebagai identitas bahwa Toiletsounds adalah band Indonesia walau masih terasa benang merah alternative rock dan grunge di garapan aransemennya. Salah satu terapannya ada di lagu “Gak Jelas”, yang menghadirkan alunan saron oleh Bayu Roots di bagian akhir lagu.

Selain “Gak Jelas”, Toiletsounds juga bakal mendaur ulang beberapa lagu dari album debut dan album kedua, “Lepas Dari Tubuh” (2004) sebagai amunisi utama album terbarunya nanti. Alasannya, menurut mereka Toiletsounds yang sempat tidur panjang butuh diperkenalkan kembali, khususnya untuk pendengar generasi jaman sekarang. 

“Kami coba memperkenalkannya dengan aransemen yang lebih berwarna. Karena memang secara fisik, kasetnya pun sudah susah didapatkan. Kami ingin buat sesuatu yang bisa dikenang sepanjang masa.”

Sejauh ini, proses produksi album terbaru Toiletsounds sudah mencapai 95% dan direncanakan berformat album ganda. Karya tersebut akan dirilis sesegera mungkin, tapi akan disesuaikan dengan perkembangan situasi pandemi. Single ”Gak Jelas” kini sudah bisa dinikmati di berbagai platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, Joox, YouTube Music dan Resso. (mdy/MK01)

One reply on “ Single “Gak Jelas” dan Album Baru, Potret Daur Ulang Wajah TOILETSOUNDS ”
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *