SENDOGARPU, Kini Geser Konsep Pop Punk Menuju Modern Rock

Menjelang usia satu dekade, unit rock asal Medan, Sumatera Utara ini meluncurkan single terbarunya yang bertajuk “Berbeda”. Ya, sesuai dengan judulnya, konsep musik yang diterapkan juga berbeda dibanding karya-karya rekaman Sendogarpu sebelumnya. Begitu juga dengan proses produksinya, yang kali ini terkendala kesibukan para personelnya yang sudah berkeluarga.

“Masing masing personel saat ini juga punya kesibukan tersendiri, dan lagu terpaksa harus selesai dalam dua bulan,” tutur pihak Sendogarpu kepada MUSIKERAS.

“Berbeda” sendiri merupakan jembatan bagi Sendogarpu menuju perilisan album penuh kedua. Di sini, Alam Kurnia (vokal), Rifqi Adli Barus (gitar), Dolly Adrisya Lubis (gitar), Rio Z. Guci (bass), Erie Sanjaya (dram) dan Abdul ‘Adid’ Jadid (kibor) menyajikan perbedaan genre yang merupakan transisi, dari kekentalan pop punk di album pertama, “Friends, Love, Struggle” (2017) menuju modern rock. 

Alasannya, karena saat pertama kali terbentuk pada 8 Mei 2012 silam ini, pop punk merupakan genre yang pertama kali mereka jajal.

.

.

“Sampai akhirnya album keluar, kami ternyata lebih condong ke modern rock dan kemungkinan album kedua akan berbentuk modern rock. Kami menganggap ini pendewasaan diri, untuk kami sendiri. (Tapi) Untuk referensi kami tidak ingin terlalu jauh berbeda dari kami yang dulu. Mungkin kami hanya menurunkan tempo kami dan sedikit lebih santai untuk lagu-lagu yang akan ada dalam album.” 

Proses produksi album kedua Sendogarpu sendiri, saat ini sudah mencapai 60% dari keseluruhan. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh band yang pernah tur keliling Jakarta-Bandung dan tampil di acara Jakloth 2016 ini adalah kesibukan para personelnya, apalagi Sendogarpu diperkuat enam orang, jadi sedikit sulit untuk melakukan brainstorming

“Untuk perilisan, kami menargetkan di Mei 2022, tepat 10 tahun umur band Sendogarpu ini. Kalau tidak terkejar di Mei, kami pastikan pasti rilis di 2022 agar momentum satu dekade-nya jangan sampai terlewat begitu saja.” 

Untuk mendengarkan lagu “Berbeda”, bisa mengaksesnya di berbagai platform digital streaming seperti Spotify, Apple Music, Joox, Google Play dan YouTube. (aug/MK02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *