MIDNIGHT MEOWTH Lebur Hardcore Punk dengan Kultur Weaboo

Band keras asal kota Malang, Jawa Timur ini cukup unik. Mereka mengibarkan keberingasan hardcore punk yang dibumbui unsur metal plus sentuhan kultur otaku atau weaboo. Dua istilah yang disebut terakhir dikenal di komunitas penggemar kultur Jepang, tepatnya merupakan sebutan untuk orang-orang yang menyukai budaya pop asal negeri Matahari Terbit tersebut seperti manga dan anime. Dan para personel Midnight Meowth ini sendiri memang berisikan sekumpulan weaboo yang terobsesi akan kultur Jepang.

Midnight Meowth sendiri baru terbentuk pada awal pandemi tahun 2020 lalu, yang dilatari keinginan mendirikan band yang memainkan musik keras. Tapi karena penyebutan gahar atau seram tidak cocok untuk imej mereka, para personelnya pun memadukannya dengan sentuhan weaboo.

Baru-baru ini, Midnight Meowth merilis sebuah single debut bertajuk “CIBARA!!” (チバラ!!), dimana liriknya menceritakan sebuah keadaan yang kian lama semakin kacau, di mana ‘pasifisme’ hanya memperburuk keadaan. Maka pesan yang mereka sampaikan, adalah dengan tetap menjalani hidup ini dengan enjoy dan mengalir seperti air adalah jalan terbaik untuk melaluinya. Di sisi lain, ”CIBARA!!” juga merupakan sebuah penghormatan dan rasa empati kepada pembetot bass pertama Midnight Meowth yang bernama Andhian ‘Arab’ Deftrianto, karena ia yang menciptakan konsep dasar lagu tersebut. Jika dibaca terbalik, judul single tersebut menjadi terbaca: Arabic (Arab).

.

.

Proses penggodokan trek “CIBARA!!” sendiri tidak memakan waktu lama. Para personelnya, yakni Ahmad Ikhsan Priatno a.k.a. Ikhsan (dram), Annisa Ramadhani Ulfalias a.k.a. Nisa (vokal), Caesar Nicko Bhaskara a.k.a. Ocin (gitar), Sulton Ubaidillah a.k.a. Obed (bass) dan Welly Reditya Gantara Putra (gitar) dua kali masuk studio dan langsung cari referensi sana-sini untuk mewujudkannya. Eksekusi produksi rekamannya dilakukan di Eiko Records yang berlokasi di Batu, Jawa Timur. Sementara untuk mixing dan finishing dirampungkan di Griffin Records Studio, Malang.

“Sebenarnya dalam trek ini kami ingin menunjukkan imej sedikit agak seram, namun style dan wajah wajah kami yang sama sekali tidak menunjukkan aura seram, malah cenderung terlihat seperti Weaboo,” ujar pihak band kepada MUSIKERAS, berterus-terang. 

Lebih jauh, Midnight Meowth menyebut konsep dasar musik “CIBARA!!” mengambil refrensi dari beberapa band hardcore yang cukup dikenal pada masanya, agar terdengar lebih catchy dan unik. Di antaranya seperti Your Demise, Comeback Kid, The Ghost Inside dan Rise of The Northstar.

Lead gitar dibuat beberapa teknik agar tidak monoton, seperti menggunakan tapping, shredding, noise serta gaya permainan dram oldschool agar terkesan lebih vintage. Setelah mendapatkan style masing masing, kami memperjelas image weaboo kami pada pembuatan vokal menggunakan bahasa Jepang. Tentunya kami tidak memutuskan sendiri apakah lirik ini sudah benar atau belum menurut kamus bahasa Jepang. Kami sering mengoreksi lirik ke teman kami, Aris Dwi Isyadi yang lulusan bahasa Jepang, sekaligus menjadi penerjemah bahasa Jepang kami.”

“CIBARA!!” sendiri merupakan salah satu single yang bakal menyesaki album penuh Midnight Meowth. Rencananya akan bertajuk “BAKAYARO!!” dan memuat 10 lagu. Saat ini, proses keseluruhan bisa dibilang sudah hampir rampung. Mereka menargetkan paling cepat akan selesai pada akhir Desember 2021 atau awal tahun, sembari menunggu kabar baik dari dampak pandemi saat ini. (mdy/MK01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *