Menyambut berakhirnya masa vakum mereka, unit punk bernuansa hardcore asal Malang, Jawa Timur ini mengemas ulang eksistensinya dengan mengubah nama, plus konsep musik dengan suasana baru. Tadinya bernama Kangaroo Punch yang dibentuk pada 2014, lalu diubah menjadi Beaky Buzzard di awal 2022. Lalu untuk menandai agresi barunya, trio yang diperkuat Ninil Rima Linglian Sari (vokal), Hendi Arsanto Abusan (dram) dan Ninis Agung Wahyu Prayoga (gitar) ini pun melepas karya lagu rilisan tunggal terbarunya yang bertajuk “Langkah”.

Lagu tersebut, menurut tuturan Ninil, memiliki makna terdalam dari judulnya yang mengangkat tema kegelisahan. Mengenai kegelisahan yang harus melakukan sesuatu secara terpaksa untuk meneruskan hidup, menyampingkan cita-cita, impian, hasrat dan tujuan sebenarnya yang diinginkan.

“Langkah” sendiri sebenarnya bukan lagu yang benar-benar baru. Melainkan salah satu materi yang tersisa dari stok lagu era Kangaroo Punch. Usai melepas karya lagu pertama mereka, “Here We Go”, Beaky Buzzard masih menyisakan tiga lagu yang belum direkam. Masing-masing berjudul “Determination”, “Untitled” dan “Langkah”. Namun sebelum sempat dirilis, band ini mendadak vakum pada 2018. 

“Pembuatan ‘Langkah’ dilakukan pada Januari untuk pematangan konsep dan komposisi lagu. Lama prosesnya sekitar satu hingga 1,5 bulan. Kami melakukan rekaman di RF Studio dan untuk proses mixing dilakukan oleh Torch Production,” ulas pihak band kepada MUSIKERAS, sedikit merinci prosesnya.

.

.

Walau berusaha menghadirkan suasana baru, namun dari segi musikal, lagu “Langkah” tetap mengandung identitas Beaky Buzzard yang sebelumnya sudah melekat sebagai ciri Kangaroo Punch. Referensi untuk peracikan “Langkah” antara lain disari dari band-band dunia seperti Set Your Goals, Four Year Strong, Knuckle Puck dan Chunk! No, Captain Chunk. Lalu tetap ada unsur pop punk yang ditambahkan dengan unsur-unsur hardcore pada intro dan pada bagian breakdown, ditambahkan dengan vokal clean dan teriakan hardcore, dengan campuran riff gitar khas punk dan hardcore.

“Perbedaan dari materi sebelumnya, lagu ‘Langkah’ ini lebih memiliki pendewasaan dari segi konsep lagunya,” seru Beaky Buzzard memperjelas.

Oh ya, perilisan “Langkah” juga disertai penayangan video musik, dimana mereka bekerja sama dan digarap penuh oleh Inkreatif dan diarahkan oleh rekan band, FRekso Wibowo. “Inkreatif berhasil memvisualisasikan ‘Langkah’ dengan konsep cerita dan plot twist pada scene terakhir, yang rencananya akan memiliki kesinambungan dengan video klip kami selanjutnya,” ucap Hendi, memberi bocoran. 

“Langkah” dicanangkan sebagai nomor pemanasan menuju penggarapan album mini (EP) Beaky Buzzard, yang belum ditentukan jadwal perilisannya. Sementara ini, pihak band sedang menggodok dua lagu lagi bersama Yusril – bassis baru mereka – termasuk mengeksekusi aransemen ulang lagu “Determination” yang sudah ada sejak era Kangaroo Punch.

Sejak akhir April 2022 lalu, visualisasi “Langkah” sudah bisa dinikmati melalui kanal YouTube dan dapat didengarkan di beberapa platform digital, yang didistribusikan via OldRoof Studio. (aug/MK02)