Gerakan ROCK IN MY WAY, Satukan Rock dalam Perbedaan

Ketika pandemi menyerang, hampir segala sisi kegiatan perekonomian di Tanah Air meradang. Dan dampaknya juga dirasakan di dunia hiburan, dimana para musisi tidak bisa mendapatkan ijin dan melakukan kegiatan konser atau manggung. 

Tapi sebagian musisi, tak ingin menyerah begitu saja. Tommy ‘Exentrix’ Rahmat Sukarno, vokalis dari grup Exentrix, Surabaya salah satunya. Kondisi itu menerbitkan gagasan untuk menggalakkan sebuah konsep manggung independen dengan cara tampil di berbagai komunitas. Untuk menjalani konsepnya itu, Tommy Exentrix lantas mengajak sahabatnya, Haris Joko Purnomo, gitaris asal Surabaya yang lebih akrab disapa, Wiwi Wikers. Konsep itu lalu dinamakan “Rock In My Way” (RIMW). Kurang lebih bermakna, menjalani dan memainkan rock dengan cara mereka sendiri.

Seiring berjalannya waktu, konsep itu perlahan bermetamorfosis menjadi komunitas itu sendiri, seiring semakin banyaknya sahabat komunitas yang bergabung, bersatu bersama untuk bisa saling bersilaturahim dan saling mendukung satu sama lain. Kini, tak terasa, komunitas RIMW sudah berusia dua tahun dan mempunyai anggota di berbagai cabang di seluruh Indonesia, bahkan melebar ke jenjang internasional dengan bergabungnya anggota dari Hongkong dan Malaysia.

Dengan slogan “Bersatu dalam Perbedaan”,  RIMW pun menjadi rumah induk, tempat berkumpulnya masyarakat rock di Tanah Air. Saling bersinergi di tengah perbedaan bendera dan genre, namun bersatu bersama-sama untuk mendukung rock kembali berjaya seperti era 80-90-an. Tekad itu bahkan kini telah diwujudkan menjadi sebuah karya lagu, sebuah mars, sebuah anthem bertajuk “Bersatu dalam Perbedaan”.

“Lagu mars komunitas RIMW untuk memberikan spirit rock kepada kawan-kawan pecinta rock Indonesia dan dunia agar terus semangat support rock dan semangat berkarya,” ujar Tommy sang penggagas, kepada MUSIKERAS.

.

.

Tommy mengajak Wiwi Wikers untuk menggarap aransemen lagu “Rock In My Way”, lalu merekamnya di markas lama RIMW yang berada di Sidoarjo – Jatim. Walau sempat ada kendala teknis, namun akhirnya bisa dirampungkan. Butuh waktu selama lima bulan bagi Tommy dan Wiwi untuk mewujudkan lagu “Bersatu dalam Perbedaan” tersebut. 

Selain Tommy dan Wiwi, proyek RIMW antara lain juga melibatkan vokalis jebolan Dream Band, Yoppy ‘MATA’ Aristoteles serta musisi rock wanita, Temmy ‘Zenith’ Handayani.

Menurut Tommy, karakter vokal yang dilibatkan bukan asal tunjuk, melainkan sudah terpikirkan sebelumnya, untuk disesuaikan dengan materi lagu. “Kenapa memilih Temmy karena mewakili karakter lady rocker Indonesia dalam lagu ini, dengan vokal powerful. Sedangkan Yoppi kami ajak gabung juga karena karakter vokal seraknya yang tebal. Pengisian suara scream juga dilakukan oleh Yoppy dan Ceko (Kobe).”

Sesuai tema lagunya, dari segi musikal, lagu “Bersatu dalam Perbedaan” diracik sedemikian rupa agar bisa memberi ruang berbagai sub-genre yang ada di rock. Mulai dari rock and roll, hard rock, funk rock, grunge dan sebagainya. Sementara untuk referensi, sebagian besar bersumber dari pengaruh musisi atau band-band rock legendaris dunia seperti Lenny Kravitz, AC/DC, Led Zeppelin dan masih banyak lagi. 

“Kami sengaja mengolaborasikan musik rock dalam lagu ini. Apa pun genre rock-nya, namun kami harus bisa bersatu untuk selalu semangat support rock bersama-sama….” 

Dalam waktu dekat, lagu “Bersatu dalam Perbedaan” bakal dibuatkan video musik, yang bakal melibatkan para anggota RIMW serta musisi-musisi dan para penikmat musik rock. Sejauh ini belum terpikirkan untuk membuat album, karena RIMW ingin berkonsentrasi pada sejumlah rencana promo. Salah satunya melakukan roadshow. Rock on! (mdy/MK01)

.

.

Jika Anda - para pembaca Musikeras - menyukai tulisan-tulisan kami dan ingin membantu / peduli akan kelangsungan karir media kami, dengan senang hati kami menerima donasi dari Anda secara sukarela. Bantuan dana bisa dikirimkan (transfer) via aplikasi OVO Musikeras 083822872349. Berapa pun bantuan Anda sangat berharga buat kami. Terima kasih.

One reply on “ Gerakan ROCK IN MY WAY, Satukan Rock dalam Perbedaan ”
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *