HEARTED Hembuskan Hardcore yang Semakin Muram

Kemuraman di lagu rilisan tunggal sebelumnya, “Mind the Pathetic” kembali dihembuskan oleh unit new school hardcore asal Semarang, Jawa Tengah ini. Di karya rekaman terbarunya yang bertajuk “End”, Hearted melampiaskan kepenatan dan kemarahan dosis tinggi atas keseharian yang tak lagi menyenangkan, bahkan sudah terasa memuakkan.

“Dari sebuah proses perenungan cukup lama untuk mendalami sebuah arti dari kata dosa, karma dan penyesalan, terciptalah lirik single ‘End’. Representasi dari perasaan setiap orang. Di titik tertentu, semua orang pasti teringat kembali akan dosa masa lalu, teringat karma yang akan didapat, dan berujung pada penyesalan diri,” urai Hearted tentang makna di balik “End”. 

Cukup lama waktu yang dibutuhkan Hearted – yang kini dihuni formasi Afrizal Kurniawan (vokal), Dian Eka Saputra (gitar), Denis Prayoga (bass), Dandi Yunanto (gitar) dan Tifan Alfian (dram) – untuk merampungkan penggarapan “End”. Hampir dua tahun setelah “Mind the Pathetic” yang dirilis pada 30 Oktober 2020 lalu. Mereka mengeksekusi produksinya di Archival Studio (Semarang), Winsome Music Studio (Solo) dan Hvrtzlab Studio. Sementara untuk mixing dan mastering dipercayakan pada Wildhan Andhi di Winsome Music Studio.

.

.

“Hal ini dikarenakan, pada saat proses perekaman, kami dari Hearted melakukannya di tiga kota yang berbeda. Vokal di Jepara, dram di Solo lalu gitar dan bass di Semarang,” cetus Hearted kepada MUSIKERAS, mengungkapkan.

Karena proses yang begitu panjang, maka lumayan banyak perubahan yang terjadi di proses kreatif mereka. “Kami jelas lebih matang dalam meracik riff dan ketukan dram!”

Setalah “End” yang sedikit banyak terpengaruh referensi musikal dari band-band asal AS macam Sanction, End maupun Slayer, Hearted mencanangkan target untuk merilis EP. Bahkan beberapa amunisi sudah siap untuk diracik kembali di dapur rekaman. Sebelumnya, Hearted pernah melahirkan album mini (EP) bertajuk “Unity” pada 2018 lalu, yang lantas dilanjutkan dengan menggelar tur di 12 titik di sepanjang pulau Jawa dan Bali. 

Sejauh ini, “End” dapat diakses di laman resmi Bandcamp Hearted, https://heartedyouth.bandcamp.com/. (aug/MK02) 

.

.

Jika Anda - para pembaca Musikeras - menyukai tulisan-tulisan kami dan ingin membantu / peduli akan kelangsungan karir media kami, dengan senang hati kami menerima donasi dari Anda secara sukarela. Bantuan dana bisa dikirimkan (transfer) via aplikasi OVO Musikeras 083822872349. Berapa pun bantuan Anda sangat berharga buat kami. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *