Kurang lebih sembilan tahun sejak merilis album “Keliling Dunia”, bisa dibilang unit rock ’n roll asal Jakarta ini tertidur pulas. Untunglah, kebutuhan batin untuk bersenang-senang kembali mengusik. Dengan formasi baru yang kini diperkuat Ully Dalimunthe (dram), Opit (gitar), Edmond (bass) dan Ryo Domara (vokal), D’Gank bangkit. Dan hari ini, secara resmi mereka menyapa panggung musik Tanah Air lewat single gres bertajuk “Ayo Jalan-Jalan” via label Triple 9.

Single tersebut, awalnya digarap Ully dan gengnya lewat proses jamming di sebuah studio rumahan di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Dari situ, hasilnya lantas menjadi coretan-coretan dasar sebuah lagu. “Setelah jadi data dasar, lagunya lalu dibawa untuk direkam di studio milik Eko Bunglon di Cibubur. Hampir nggak ada kendala dalam proses rekamannya, keseluruhan berjalan lancar,” ulas Ully kepada MUSIKERAS, mewakili personel D’Gank lainnya.

Sama seperti album sebelumnya, rock ’n roll tetap menjadi nadi utama konsep musiknya. Karena menurut D’Gank, lewat genre satu ini, mereka bisa berekspresi dengan bebas, lugas tanpa harus menjadi ‘jaim’ alias jaga imej. “Dasarnya (kami) semua emang doyan rock n roll. Dan buat kami juga bisa fun maininnya, nggak ribet dan bisa plug n play dengan sound yang natural.”

Selain itu, rock & roll juga mereka anggap sebagai titik temu yang paling adil buat seluruh personel yang sebenarnya juga mempunyai selera musik berbeda-beda. “Influense tiap org di dalam band ini beda-beda kalau bicara soal grup musik yang disukai. Tapi ada beberapa persamaan selera yang bisa nengahin itu semua, kami sama-sama suka rock. Jika dikerucutin, ada beberapa nama yang kami sukai, seperti Benyamin S, karena liriknya lugas dan nggak jaim, lalu The Beatles dari sisi musikalitasnya yang luas, dan banyak band lain dari era ‘90an seperti Stone Tempe Pilots, The Black Crowes, President of USA, The Hives, Poison, dan lain-lain,” urai Ully lagi, menegaskan.

Februari 2009 adalah awal kelahiran D’Gank. Formasi pertamanya diperkuat Ully Dalimunthe, mantan dramer band DeBrur yang juga dikenal sebagai produser musik, lalu vokalis Irang Arkad (eks BIP), bassis Doni (eks vokalis Seventeen), kibordis Mamoko serta gitaris Iwan Sukma. Lewat GonG Record, D’Gank lantas merilis album debut bertajuk “Keliling Dunia” pada 17 Juni 2009 dan salah satunya mengandalkan single berjudul “Rival Cinta”.

Sambil mempromosikan single “Ayo Jalan-Jalan”, D’Gank rencananya juga akan memulai penggarapan single-single lainnya, sebelum berkonsentrasi pada perilisan album mini (EP). (Mdy/MK02)

.