Lewat Bauran Punk/Grunge, RAMALAN CVACA Sentil Pengguna Narkoba

Didasari tujuan untuk bisa seru-seruan lagi dengan musik rock, kuartet keras yang dihuni mahasiswa dari kampus Institut Seni Jakarta ini pun terbentuk. Namun dalam meracik amunisi musiknya, Ramalan Cvaca tak ingin dibatasi. Mereka ingin selalu membawa rasa baru hasil perahan dari berbagai jenis musik. Seperti yang telah mereka lampiaskan di single bertajuk “Joni Kacrut”.

Single ini digarap para personelnya, yakni Muhammad ‘Mamad’ (bass/vokal), Figo Aljufrie (gitar/vokal), Immanuel Ardika (dram/vokal) dan Akbar Hendar (gitar/vokal) hanya dalam sehari, dieksekusi di Didi Music di Bandung, Jawa Barat. Lalu liriknya bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Joni yang menggunakan narkoba hingga ditangkap oleh petugas keamanan. “Joni Kacrut” adalah lagu sindiran sarkastik untuk pengguna narkoba sembarangan.

“Single kami ini terbentuk sebagai keresahan kami terhadap orang yang suka giting sembarangan. Proses penulisan lirik terjadi secara spontan melalui bercandaan yang dilontarkan oleh Mamad,” urai pihak band kepada MUSIKERAS.

Olahan aransemen “Joni Kacrut” sendiri bernuansa punk dengan campuran grunge yang identik dengan distorsi kasar. Menurut Ramalan Cvaca, genre musik punk dapat terdengar melalui cara atau gaya bernyanyi serta liriknya, sementara elemen grunge dapat terdengar melalui pola ritmik yang simpel dengan distorsi yang terdengar kotor. 

Genre utama Ramalan Cvaca adalah rock, namun dalam membuat lagu kami tidak terbatas dengan banyaknya klasifikasi musik rock. Sehingga setiap lagu yang akan kami ciptakan akan memiliki berbagai warna dalam musik rock, seperti cuaca yang dapat berubah. Referensi utama kami adalah Black Sabbath, Ozzy Osbourne, Wolfmother, Fugazi, Sex Pistol, Black Flag, Nirvana, dan masih banyak lagi.”

Ramalan Cvaca kini tengah menyiapkan beberapa lagu lagi untuk materi album mini (EP) yang segera diproduksi. Jadi bukan “Joni Kacrut” saja yang bakal menjadi andalan band ini. “Kami menyiapkan lima lagu lagi. Empat lagu (di antaranya) sudah mulai tahap perekaman dan satu lagu lagi masih dalam penulisan. Total lagu yang akan disiapkan ada enam.”

“Joni Kacrut” bisa didengarkan di berbagai platform digital seperti Spotify, Apple Music serta Soundcloud. (aug/MK02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *