‘Melipir’ sejenak dari entakan jedang-jedung disko lawas, DJ (disc jockey) yang selalu tampil eksentrik pada setiap panggungnya ini kembali meramaikan industri musik Tanah Air dengan merilis single teranyarnya bertajuk “Kayuh Kencang”. Kali ini khusus membidik keriuhan rock sebagai menu utamanya. Dan Diskopantera tidak sendiri, tapi juga melibatkan rekannya sesama DJ, Winky Wiryawan untuk mengeksekusi isian-isian gitarnya. 

Ya, memang berbeda dibanding suguhan empat single Diskopantera sebelumnya. Ia bermain di area penuh distorsi nan enerjik. Sebuah lagu berkontur rock yang siap mengajak siapa pun untuk kembali bersemangat dan mengentakkan kepala.

Memilih melibatkan Winky tentu bukan tanpa alasan. Karena selain dikenal sebagai DJ dan aktor, Winky juga sudah tidak asing dengan musik-musik berdistorsi. Saat ini ia tercatat sebagai gitaris di band cadas bernama Rahasia Intelijen.

.

.

“Gue emang pengen punya satu lagu yang ber-genre rock. Suatu waktu Winky pernah bilang, ‘Kalo lo bikin lagu rock gue mau ya isi part gitarnya.’. Dan pas gue lempar materinya ke dia, Winky bener-bener menerjemahkan ‘vibe’ rock yang gue mau,” beber Rahmat Dwi Putranto a.k.a. Diskopantera kepada MUSIKERAS, mengungkapkan.

Dari segi musikal, bisa ditebak. Diskopantera yang memulai karirnya sejak 2012 silam ini ingin menggeber komposisi rock yang pastinya juga kental akan nuansa ‘80an, sesuai ciri khas Diskopantera yang dikenal publik pencinta kegiatan ‘melantai’ selama ini. “Jaman-jaman kejayaan longhair band. Referensi jelas dari band-band era itu,” seru Diskopantera lagi, mempertegas.

Proses pengerjaan “Kayuh Kencang” sendiri dilakukan Diskopantera bersama Iqbal MSSVKNTRL sebagai produser, serta Hardi Novian sebagai penulis lagu. Keseluruhan tahapan berlangsung cukup cepat. Dimulai dari pembuatan bagan lagu yang dikonsep bersama Iqbal, lalu dilanjutkan dengan pengisian vokal Diskopantera. Setelah itu, barulah dilempar ke Winky untuk pengisian part gitar.

“Kayuh Kencang” yang bercerita tentang seorang pesepeda, yang tak kenal halang rintang untuk selalu melaju di jalanan, dicanangkan menjadi salah satu koleksi karya Diskopantera yang bakal dijadikan album. Saat ini, ia mengakui memang sedang mengumpulkan lagu atau single untuk tujuan itu. 

“Konsepnya campur sari, berbagai macam genre. Benang merahnya adalah vibe ‘80an dan ‘90an.” 

“Kayuh Kencang” saat ini sudah bisa dinikmati di seluruh platform digital atau layanan online streaming. Now let’s rock! (mudya/MK01)