NVNA Melebarkan Ramuan Post-Hardcore di Single “The Broken”

Lebih dari setahun sejak melepas album mini (EP) “State of Mind”, penganut paham post-hardcore asal Pamulang, Tangerang Selatan ini akhirnya kembali menggaungkan sebuah karya rekaman single baru, bertajuk “The Broken”. Tapi kali ini, ada sedikit pergeseran konsep di ramuan komposisi musiknya. NVNA menyuntikkan sedikit elemen emo yang kurang lebih mengacu pada album ‘self titled’ milik unit rock/emo asal Amerika Serikat, Saosin.

Selain itu, band yang terbentuk sejak 2016 ini juga memasukkan beberapa isian synth, piano, ambient untuk mengiringi melodi vokal, untuk menajamkan nuansa ‘sedih’ dari lagu tersebut. Sementara secara keseluruhan, para personel NVNA juga banyak menyerap pengaruh musikal dari band-band seperti Architects, Holding Absence serta beberapa band lainnya.

“Untuk konsep di lagu ini mungkin kami lebih menyederhanakan part, contohnya riff gitarnya tidak serumit lagu-lagu di ‘State of Mind’ atau single-single kami sebelumnya. Di lagu ini kami lebih fokuskan dari sisi vokal agar liriknya bisa lebih sampai ke pendengar dengan baik,” beberp NVNA kepada MUSIKERAS, menerangkan.

Lirik lagu “The Broken” menceritakan tentang seorang korban broken home yang pernah menyaksikan pertengkaran hebat yang terjadi di antara kedua orang tuanya saat ia masih kecil, yang berujung kepada perceraian. Kejadian tersebut masih selalu terbayang dan menghantui pikirannya selama ini, dimana ia menghabiskan masa kecilnya tanpa merasakan kehadiran sosok ibu. Ia selalu berpura-pura bahwa semua baik-baik saja, walaupun dirinya merasa hancur. 

.

.

Taufik ‘Nana’ Maulana (vokal), Chalvin Aditya Pramudana (bass), Dennis Yamakawa (gitar) dan Andrian Putra Setianto (dram) sendiri menggarap “The Broken” dalam waktu yang relatif singkat. Dibanding single-single NVNA sebelumnya seperti “Spark”, “Ahh Come On, It’s Not Glee Club” dan “Sober”, kali ini hanya butuh waktu sekitar dua minggu.

“Minggu pertama kami mulai garap instrumennya dan minggu kedua mulai recording vokal serta mixing dan mastering. Dan untuk rekaman itu kami kerjakan di rumah vokalis kami, berikut mixing dan mastering,” ujar mereka.

Menurut NVNA, perilisan “The Broken” juga sekaligus menandai dimulainya proyek penggarapan EP kedua mereka, yang ditargetkan bisa rilis sekitar April atau Mei tahun depan. “Proses penggarapannya mungkin baru sekitar 30%. Kami masih mencari referensi-referensi tambahan dan mau lebih explore agar lagu-lagu di EP kedua ini lebih bervariasi.”

Single “The Broken” akan tersedia di platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, Deezer, dan lainnya secara serentak mulai 17 Agustus 2021 mendatang. (mdy/MK01) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *