REAX Bangkit dari Kevakuman Panjang

Akhirnya, setelah kembali aktif di scene underground metal Jakarta sejak pertengahan 2014 lalu, REAX berhasil merampungkan penggarapan album mini pertamanya, yang bertajuk “From The Past”, beberapa waktu lalu. Band asal Jakarta yang dibentuk pada 1991 silam tersebut merilis albumnya secara independen, berdurasi 28 menit 40 detik, dan memuat enam lagu dengan konsep Oldskool Death Metal yang dikemas secara apik dalam segi aransemen musik dan lirik.

Judul “From The Past” dipilih para personel REAX, yakni Bayu Suroso (bass), Denny Apoy (gitar), Joe Dalyant (dram) dan Ramadhanny (gitar/vokal) dengan alasan karena memang konsep dasar yang disuguhkan adalah musik dari masa lalu. Tepatnya style death metal era ‘90an. Bayu Suroso, Denny Apoy dan Ramadhanny sendiri merupakan personel terakhir sebelum REAX mulai vakum pada 1998.

Sebelumnya, pada Februari 2015, REAX juga telah merilis single berjudul “Mentally Deception” dan dimasukan di album kompilasi “Old School Underground”. Lalu pada April 2015, video musik “Mentally Deception” ditayangkan di channel video Youtube. Saat penggarapan “From The Past”, lagu “Mentally Deception” direkam ulang dan dimasukan ke dalam album tersebut.

Dari segi penulisan lirik, tema yang diambil banyak bercerita tentang kehidupan manusia, menentang konflik, usaha menggapai mimpi dan pertentangan sosial. Lagu berjudul “Hostility” yang berdurasi 5 menit 17 detik dipilih sebagai single pembuka, yang bercerita tentang golongan yang menjadi korban dari konflik-konflik yang terjadi akibat provokasi.

Saat pertama kali terbentuk, REAX diperkuat oleh formasi M. Irfan F (gitar), Aryo Damar (gitar), Bayu Suroso (bass/vokal) dan Farhan (dram). Karena memiliki selera musik yang sama, maka REAX saat itu sepakat menggeber genre Thrash Metal. Dua tahun setelah terbentuk, bergabung gitaris Ramadhanny Hussein (Denny) dan dramer Nasrul Maulana. Formasi ini tidak bertahan lama karena Irfan mengundurkan diri dan memilih untuk menekuni bidang desain grafis, serta kesibukan Nasrul membuat REAX sempat tidak aktif untuk beberapa saat. Formasi REAX sempat beberapa kali mengalami pergantian personel. Pada 1994, Denny Apoy (Apoy) bergabung dan bertahan hingga tahun 2000, saat Apoy bergabung di band rock Netral. REAX pun mengalami kekosongan dan lantas memasuki masa vakum yang cukup lama.

Susunan trek di dalam mini album From The Past adalah sebagai berikut :

  1. Hostility (05:17)
  2. Eye For An Eye (05:09)
  3. Againts The World (04:01)
  4. Low Life’s Sacrifice (05:01)
  5. Mentally Deception (04:08)
  6. Within The Human’s Life (04:54)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *