SAINT MARTIN Kobarkan “Suar Motivasi” Bernafas Modern Rock/Emo

Kuartet modern rock/emo yang berbasis di Denpasar, Bali ini sepertinya tak lama lagi bakal merilis album pendek (EP) pertamanya. Setidaknya, kini Saint Martin sudah memulai prosesi rekamannya, sambil memilah-memilah materi yang dianggap istimewa. Dan sebagai pembuka jalan, band bentukan 15 Desember 2019 tersebut telah melontarkan single “Suar Motivasi” sejak Juli 2020 lalu, serta sebuah single lagi yang bakal dirilis dalam waktu dekat. 

“Suar Motivasi” sendiri diibaratkan I Putu Chrisna Adi Prayoga (vokal), Chrisma Ardy (gitar), Dewa Agung Nanditiya (bass) dan A A Ngurah Tian Marlionsa (dram) seperti sebuah suar yang memberikan cahaya serta tuntunan, sebuah trigger yang diharapkan bisa membakar dan memacu semangat para pendengar, untuk berani tampil berbeda dan hidup dengan menjadi diri sendiri. Sebagai single perdana, lagu tersebut memang dirancang Saint Martin sedikit lebih up beat dan diiringi riff gitar yang lebih menonjol, serta lirik yang lugas, agar lebih mudah dicerna oleh para pendengar.

Saint Martin mengakui, olahan musikalitas mereka sangat dipengaruhi oleh  band-band lawas seperti The Ataris, Underoath, The Used, Yellowcard, Story of the Year hingga Mayday Parade dan Knuckle Puck. Tapi, kendati demikian, ada yang membedakan komposisi dan aransemen “Suar Motivasi” garapan Saint Martin tersebut jika dibandingkan dengan lagu-lagu berkarakter modern rock/emo umumnya.

“Emo pada umumnya mendeskripsikan kesedihan, kegalauan dan segala hal di sekitarnya. Cenderung dark dan dan melukiskan kesedihan. Dari segi konsep lagu ‘Suar Motivasi’ sendiri merupakan bagian dari kesatuan narasi dari lagu lainnya yang akan kami rilis. Jadi ‘Suar Motivasi’ adalah muara dari kegalauan dan kesedihan, sebuah kilas balik untuk menggambarkan semangat kebangkitan. Dan dari sisi musikalitas kami sisipkan beat, riff gitar, dan old school, walaupun minim nada minor seperti lagu kami lainnya,” urai pihak band kepada MUSIKERAS.

“Suar Motivasi” sendiri direkam Saint Martin secara utuh di Studio Post Records, Denpasar,  selama kurang dua bulan pengerjaan. “Single ini agak sedikit berbeda dan cukup matang dalam tahap pengerjaannya, karena didukung oleh tim dan partner kerja yang kompeten di bidangnya.”

Selain di kanal YouTube, “Suar Motivasi” juga bisa didengarkan di berbagai platform digital macam Spotify, iTunes, Apple Music dan sebagainya. (aug/MK02)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *