Kabar Keras Dunia: Dari AUGUST BURNS RED Hingga NITA STRAUSS

AUGUST BURNS RED (ABR) kembali merilis sebuah karya rekaman baru yang bertajuk “Vengeance”. Bagi unit metalcore asal Pennsylvania, AS ini, “Vengeance” berbicara tentang betapa kejamnya 18 bulan terakhir yang tampaknya telah menimpa banyak orang. Sehingga rasa belas kasih dan saling pengertian antar sesama berkurang. “Kita harus melakukan semua yang kita bisa untuk mengembalikannya ke dalam hidup kita. Awal tahun ini, kami mulai menulis single tunggal yang cepat, berat dan padat. ‘Vengeance’ adalah lagu tersebut, karya ABR yang paling ‘kasar’,” seru mereka via siaran pers resminya. 

Sejauh ini ABR yang terbentuk pada 2003 silam ini telah merilis sembilan album studio. Yang paling terakhir adalah “Guardians” yang diluncurkan pada awal April 2020. Setelah itu, ABR juga sempat merilis single lepas berjudul “Chop Suey!” yang merupakan nomor daur ulang milik System of A Down serta “Standing in the Storm”. Pada awal 2021, ABR juga merekam dan merilis ulang album studio keempatnya, “Laveler” untuk merayakan 10 tahun perilisannya. Ada dua single yang dipromosikan dari album tersebut, yakni “Poor Millionaire” (featuring Ryan Kirby) serta “Pangaea” (featuring Misha Mansoor).

.

Tak terasa, sudah 10 tahun grup pop metal asal Jepang, BABYMETAL mengharu-biru panggung metal dunia secara global. Enam hari lalu, mereka menutup rangkaian hajatan syukuran untuk merayakan satu dekade perjalanan karir mereka dengan merilis video musik bertajuk “The One – Stairway To Living Legend”. Visualisasi video itu menghadirkan dua personel yang tersisa, yakni Su-Metal dan Moametal menaiki tangga menuju lautan awan sebagai simbolisasi perjalanan Babymetal yang kini diklaim telah menjadi ‘legenda hidup’. Perayaan 10 tahun karir Babymetal sendiri telah dimulai sejak 10 Oktober lalu dengan meluncurkan album yang memuat lagu-lagu terbaiknya, “10 Babymetal Years”, lalu sebuah buku yang merangkum kisah mereka berjudul “10 Babymetal Legends” serta album rekaman konser bertitel “10 Babymetal Budokan”, yang disari dari 10 seri konser yang mereka gelar di venue bergengsi Nippon Budokan sepanjang Januari hingga April 2021 lalu. Babymetal terbantuk pada 2010 dengan formasi tiga orang dan telah menghasilkan tiga album studio, yakni “Babymetal” (2014), “Metal Resistance” (2016) serta “Metal Galaxy” (2019). Tapi pada 2018 lalu, salah satu personelnya, yakni Yuimetal mengumumkan pengunduran dirinya dan memilih bersolo karir menggunakan nama Mizuno Yu.

.

Pada 19 November 2021 mendatang, salah satu pejuang thrash metal senior EXODUS bakal merilis album terbarunya yang diberi judul “Persona Non Grata” via Nuclear Blast Records. Dan sejauh ini sudah tiga single yang dirilis untuk memanaskan jalan menuju hari perilisannya, yakni “The Beatings Will Continue (Until Morale Improves)”, “Clickbait” serta yang terbaru, “The Years Of Death And Dying”. Menurut dramer Tom Hunting, lagu yang disebut terakhir tersebut berawal dari sebuah puisi, dari perspektif ‘kematian’, menjadi entitas yang berpikir, selalu melihat dan mencari kelemahan dan kesempatan untuk datang memanggil orang-orang. Kisah Malaikat Maut. “Kami kehilangan legenda: (David) Bowie, (Johnny) Cash, Prince … daftarnya terus berlanjut. Kemudian kami mulai kehilangan anggota keluarga dan teman di orbit kami sendiri. Pokoknya, judulnya dulu, lalu puisinya, yang menjadi lagu. Saya berbagi lirik dengan (gitaris) Gary (Holt) yang membantu menginspirasi saya dengan frasa untuk menyelesaikannya, dan orang-orang menyukainya. Kami harap Anda menikmati penghormatan kami kepada mereka yang gugur!” Album “Persona Non Grata” yang beramunisikan selusin komposisi keras digarap dan direkam Exodus di sebuah studio di Lake Almanor, California pada periode September 2020 hingga Januari 2021 lalu bersama produser Andy Sneap yang juga memoles penataan suaranya.

.

Sebuah buku yang mengupas biografi dari pendekar death metal legendaris asal Florida, AS, OBITUARY bakal diterbitkan oleh Decibel Books. Buku bertajuk “Turned Inside Out: The Official Story Of Obituary” tersebut merupakan karya dari David E. Gehlke, penulis buku “Damn The Machine: The Story Of Noise Records” serta “No Celebration: The Official Story Of Paradise Lost”. Ia merangkai karya tulisnya tersebut lewat serangkaian wawancara khusus dan mendalam dengan para personel Obituary, baik yang masih aktif tergabung di band tersebut maupun yang telah keluar, termasuk dari transkripsi arsip wawancara lama, serta dengan para praktisi studio rekaman dan industri yang pernah bekerja sama dengan Exodus selama empat dekade perjalanan karirnya. Menurut dramer dan salah satu pendiri Obituary, Donald Tardy, ini pertama kalinya bagi mereka buka-bukaan kepada publik, khususnya kepada para penggemar mereka. Buku “Turned Inside Out: The Official Story Of Obituary” dikemas setebal 328 halaman dan memuat seabrek foto arsip yang sebagian besar terbilang langka dan belum pernah dipublikasikan. Pemesanan buku yang juga dilengkapi kata-kata pengantar dari Max Cavalera (SOULFLY, SEPULTURA) tersebut sudah dibuka, dan bakal mulai diedarkan pada Januari 2022 mendatang.

.

Gitaris Alice Cooper, NITA STRAUSS telah melepas karya single terbarunya berjudul “Dead Inside,” yang secara mengejutkan menghadirkan kontribusi vokal dari DAVID DRAIMAN, pemuka band metal Disturbed. Bagi Nita, ini pengalaman pertamanya merilis sebuah lagu dengan vokal. Dan ia mengaku merasa sangat tersanjung bisa menghadirkan seorang legenda sekelas David Draiman. “Vokal David serta liriknya yang powerful telah mengangkat lagu ini ke tingkatan yang tak pernah saya bayangkan. Kami sangat bersemangat untuk memperdengarkannya ke dunia,” seru Nita penuh semangat. Nita sendiri saat ini masih menjalani tur bersama Alice Cooper dan bakal dilanjutkan tur solo pada November 2021 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *