10 Lagu Metal Terbaik Dunia 2021 Pilihan MUSIKERAS

Oleh @mudya_mustamin

Masih dalam dekapan pandemi, karya-karya rekaman metal bertaji ternyata tetap tak terbendung. Karya-karya baru terus mengalir deras dengan tingkat kreativitas yang makin menggila. Namun setelah menimbang berbagai aspek, mulai dari sisi kreativitas, orisinalitas, keunikan komposisinya, kecadasannya hingga dampak dan sensasi yang ditimbulkannya di berbagai platform, maka akhirnya kami berhasil menetapkan 10 lagu di bawah ini. Semoga sebagian besar lagu favorit kalian juga ada di deretan pilihan kami ini.

.

JINJER “Vortex” (Napalm Records – 17 Juni 2021)

Ketika groove metal dan progressive menyatu dengan nikmat, itulah daya tarik band cadas asal Ukraina ini. Khusus di lagu ini, dibuka dengan ‘kelembutan’ vokal Tatiana Shmailyuk yang perlahan dipecahkan secara bertahap menjadi sangat berat, yang berujung pada bantingan breakdown tebal yang membuat orgasme di bagian akhir. 

.

LORNA SHORE “To The Hellfire” (Century Media Records – 11 Juni 2021)

Lagu fenomenal, yang paling banyak diperbincangkan tahun ini. Sebuah karya masterpiece, yang digeber dalam kekelaman dan kebuasan blackened deathcore, yang menghadirkan breakdown penghancur paling gawat, plus teknik vokal super ekstrim dari Will Ramos. Jangan lewatkan kengeriannya di menit ke 5:15. 

.

SION “The Blade” (self released – 12 Maret 2021)

Ketika keseruan Killswitch Engage era vokalis Howard Jones direkonstruksi oleh seorang penggemar berat, sekaligus salah satu gitaris shredder paling berbakat dari generasi masa kini. Ya, “The Blade” adalah kolaborasi segar Howard dan Jared Dines, dengan terapan chorus yang sigap melekat di ingatan, plus eksekusi isian gitar yang teknikal, berotot namun groovy dan tepat sasaran.

.

SPIRITBOX “Circle With Me” (Pale Chord/Rise Records – 30 April 2021)

Salah satu yang melengkapi keajaiban band asal Kanada ini, yang membuat album debutnya, “Eternal Blue” menjadi salah satu karya rekaman metal terfavorit yang paling diantisipasi di 2021. Sebagai sebuah komposisi, tak ada cela. Alunan vokal yang kadang indah dan kadang meraung ganas, saling bergesekan dengan deru dram serta hantaman riff gitar yang memompa adrenalin untuk mengentakkan kepala. Tapi anehnya, semuanya terdengar sing along!

.

TRIVIUM “Feast of Fire” (Roadrunner Records – 12 Agustus 2021)

Seni merangkai komposisi metal yang sarat manuver berbahaya, fleksibel, lentur, variatif dengan chorus yang sulit dilupakan adalah keahlian Trivium. Seperti yang mereka kucurkan di album “In The Court Of The Dragon”. Lagu ini adalah salah satu contoh terbaik dari kelihaian itu, yang membuat akselerasi karir Trivium terus bertahan hingga kini.

.

GOJIRA “Born For One Thing” (Roadrunner Records – 17 Februari 2021)

Bersama “Into the Storm” yang juga termuat di album “Fortitude”, lagu ini menjadi santapan yang menyenangkan bagi para metalhead, sebuah produksi serta komposisi brilian yang sekali lagi menunjukkan kelihaian dan kreativitas unit progressive metal asal Perancis ini dalam menjelajah berbagai ruang di ranah musik keras. 

.

VILDHJARTA “Toxin” (Century Media Records – 20 Agustus 2021)

Band asal Swedia ini melestarikan ajaran-ajaran ‘keagamaan’ dari Meshuggah, dimana unsur groove tetap berada di atas segala-galanya, walau digeber dengan terapan instrumentasi metal yang teknikal dan progresif. Lagu ini meluapkan struktur yang sangat tidak biasa, mengalir liar dan sarat agresi yang tidak membiarkan jeda untuk bernafas. Sebuah karya yang tergolong avant-garde di ranah metal.

.

ESKIMO CALLBOY “Pump It” (Century Media Records – 4 Desember 2021)

Jangan terpengaruh video musiknya. Sekilas lagu ini terkesan hanya untuk lucu-lucuan, padahal komposisinya memuat konsep yang gawat dan sangat serius. Antara lain dibangun oleh kombinasi deep-growl berbisa di vokal dengan bantingan breakdown yang bertenaga. Tapi memang, yang paling sukses terletak di seruan chorus yang bikin ketagihan.

.

BRAND OF SACRIFICE Ft. Will Ramos “Lifeblood” (Blood Blast Distribution – 11 November 2021)

Deathcore semakin menjadi-jadi di tangan band asal Kanada ini. Semua kengerian diracik menjadi satu: mulai dari bantingan breakdown yang meremukkan kepala, desingan solo gitar yang teknikal, gempuran bertubi-tubi di lini dram, alunan simfoni yang epik hingga gelora vokal yang brutal. Lalu kehadiran vokal tamu dari Will Ramos (Lorna Shore) di versi terbaru lagu ini membuatnya semakin mencekam!

.

ARCH ENEMY “House of Mirrors” (Century Media Recoreds – 10 Desember 2021)

Selalu menyenangkan mendengar lagu-lagu dari band kloningan Swedia-Amerika Serikat ini. Ciri khas mereka di struktur melodic death metal yang ‘ramah’ kali ini ditingkahi ornamen 80-an. Bayangkan Iron Maiden yang dimodernisasi dengan derapan distorsi metal era 2000-an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *