Dengan Vokalis Baru, BANGKAR Menyolek ‘Gadis Selatan’

Ingin konsisten di jalur hard rock, plus tekad besar untuk produktif, membuat kuartet rock asal Jakarta ini tak berhenti membakar kalori kreativitasnya. Usai album “Suara Malam” yang dilepas pada awal 2022 lalu, kini Bangkar kembali memecah kuping pendengar rock lewat lagu rilisan tunggal terbaru bertajuk “Gadis Selatan”.

Apa yang berbeda di karya terbaru mereka ini? Ya… vokalis baru. Kini formasi Arditya ‘Dix’ Prasetyo (bass), Arya Pradana (gitar), Rachmat ‘Julian’ Ismail (dram) dipertajam dengan hadirnya kontribusi dari vokalis baru, Andi ‘Dons Katomi’ Suhendro. Dons bergabung menggantikan posisi vokalis sebelumnya, Ananta ‘Nanta’ Mahatyanto.

Tentu saja, bergabungnya Dons di Bangkar memberi sentuhan tersendiri dari sisi musikal. Secara tidak langsung menyuntikkan warna dan energi baru bagi band bentukan 2018 lalu tersebut. 

“Dons mempunyai vibes lebih ‘rock n’ roll’ dengan power yang kuat. Mungkin yang kami rasa, pada album ‘Suara Malam’ kesan retro cukup kental. Tapi di single baru, ‘Gadis Selatan’ bersama vokalis baru terdengar lebih ‘muda’ dibanding materi sebelumnya,” urai pihak Bangkar kepada MUSIKERAS, memberi gambaran.

Proses produksi “Gadis Selatan” dikerjakan Bangkar dalam kurun waktu yang terbilang sebentar. Rekaman vokal dan gitar dieksekusi di kediaman Arya, sementara untuk rekaman bass dilakukan oleh Dix sendiri. Tak sampai seminggu mereka mampu menyelesaikan produksi rekaman hingga mixing dan mastering secara mandiri.  

.

.

Tema tentang kehidupan malam di sisi Selatan Jakarta menjadi sorotan di lirik “Gadis Selatan”. Mencakup seputar kencan daring, cinta satu malam hingga aktivitas pesta hura-hura di kawasan Senopati. Selain sebagai rilisan tunggal terbaru, “Gadis Selatan” juga menjadi lagu soundtrack untuk sebuah web series berjudul “Bestie”, produksi Sky Films, dimana sekaligus menghadirkan Bangkar di episodenya.

Walaupun tren musik rock berkembang pesat, Bangkar tetap bersikukuh berkarya di jalur hard rock. Menurut mereka, genre musik yang dikonsumsi orang-orang akan selalu berputar. “Kami hanya berusaha tetep jujur dengan musik yang kami mainkan. Begitu pun dengan fashion kami. Tapi, kami juga tetap berinovasi mengikuti perkembangan jaman. Seperti (dalam hal) sound mixing dan mastering. Harapan kami,  dengan memainkan musik yang jujur dapat diterima oleh audiens sebagai band yang otentik dan menjadi band yang long lasting,” ujar Bangkar lagi optimistis. 

Ada rencana ke depan untuk merilis sebuah album mini (EP). Tapi untuk sementara ini, Bangkar bakal menyusul “Gadis Selatan” – yang sudah bisa didengarkan via berbagai platform digital – dengan peluncuran beberapa rilisan tunggal terlebih dahulu. Sejauh ini, prosesnya masih berkisar di tahapan pembuatan demo-demo lagu. So let’s having fun, long live rock n’ roll! (mdy/MK01)

.

.

Jika Anda - para pembaca Musikeras - menyukai tulisan-tulisan kami dan ingin membantu / peduli akan kelangsungan karir media kami, dengan senang hati kami menerima donasi dari Anda secara sukarela. Bantuan dana bisa dikirimkan (transfer) via aplikasi OVO Musikeras 083822872349. Berapa pun bantuan Anda sangat berharga buat kami. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *