Dengarkan “Yorkie”, Eksplorasi REDSIX di Ranah Emo/Modern Rock

Berselang lebih dari setahun sejak munculnya pandemi Covid-19, unit modern rock asal Jakarta ini akhirnya kembali berkarya, dengan merilis single terbaru bertajuk “Yorkie”. Dari sudut pandang musikal, Redsix kali ini meramu “Yorkie” dengan pendekatan sound yang lebih berat, yang bernuansa emo/modern rock. 

Ide kreatifitas tersebut adalah hasil dari proses komunikasi antar personel yang terus terjalin selama masa pandemi, dimana mereka selalu berusaha berinovasi dengan ide dan musik yang fresh.

Lagu “Yorkie” sendiri terinspirasi dari episode serial di kanal Netflix yang sangat popular. Di liriknya, menjelaskan tentang bagaimana menentukan keputusan yang sangat tepat, meskipun pastinya selalu ada hal dari kehidupan sebelumnya yang menahan dan sangat mengganggu secara emosional. 

Dari sudut pandang musikal, Redsix yang diperkuat formasi Hardendias Wisesa Nugroho (vokal), Kevin Jansen (gitar), Wicaksono Partosewojo (gitar), Kharisma Riyahasa Nanda Putra (dram) dan Aria Rangga Permana (bass) meramu “Yorkie” ke arah yang lebih ‘heavy’, sebagai hasil dari pengolahan feedback serta pengalaman mereka bermusik selama tiga tahun terakhir. 

.

.

“Kami berharap direksi atau tujuan ini akan merepresentasikan packaging kami yang lebih rapi,” urai Redsix kepada MUSIKERAS, meyakinkan.

“Yorkie” sendiri sebenarnya lahir dari fondasi stok lagu lama yang memang belum pernah dipublikasikan. Menurut Redsix, lagu tersebut memiliki bagian outro yang sangat kuat. Namun bagian lagu sebelum outro rupanya dirasa kurang cocok dan kurang layak. 

“Akhirnya setelah kami coba beberapa cara untuk nyocokin sama outro-nya, kami ambil keputusan untuk hapus semuan bagian lagu (tersebut) kecuali outro, dan ditulis ulang dari awal untuk menyamakan dengan standar outro tersebut. Kebetulan ini menjadi pengalaman unik untuk merapikan genre Redsix yang sampai titik ini bisa disebut eksperimental.”

Secara resmi “Yorkie” sudah dirilis hari ini, 24 Juni 2021 di seluruh platform digital (streaming). Redsix yang tahun lalu meraih gelar “Best Rock Band 2020” di ajang penghargaan musik “Clouzine International Music Awards Fall 2020” juga berterima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dan membantu penggarapan “Yorkie”. Mereka berharap, lewat single tersebut, mereka dapat memberikan kontribusi baru dalam skena musik independen di Indonesia, yang sudah sangat berkualitas. (mdy/MK01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *