Inilah Pejuang Rock/Metal yang Berkesempatan Menang di AMI AWARDS 2021

Hari ini, nominasi penghargaan musik tertinggi dan bergengsi di Indonesia, yakni Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) ke- 24 akhirnya diumumkan. Sebuah hasil dari proses panjang yang telah dimulai sejak 5 Mei 2021 lalu, dimana AMI membuka pendaftaran lagu secara online yang berlangsung hingga Juli 2021. 

Hasil dari sekitar dua bulan durasi pendaftaran, terkumpul jumlah lagu yang mencengangkan. Tahun ini, AMI mendata sebanyak 4645 lagu yang terdaftar, yang merupakan rilisan periode 1 Juli 2020 hingga 30 Juni 2021. Angka fantastis ini adalah sebuah peningkatan yang luar biasa, karena tahun sebelumnya, jumlah yang masuk hanya sebesar 2973 lagu saja. Ini mengindikasikan bahwa ada peningkatan sebanyak 60% jumlah lagu yang dirilis dan resmi terdaftar untuk masuk ke dalam penilaian AMI. 

Nah, khusus di pentas musik keras, beberapa nama menarik menggebrak ke deretan nominasi yang diunggulkan sebagai penghasil karya terbaik. Untuk kategori Artis Solo Pria/Wanita Rock/Instrumentalia Rock Terbaik, mahkota diperebutkan oleh Bondan Prakoso lewat lagu “Kabut”, lalu dr.iyeb (“Jagoan Tampan”), Marcello Tahitoe (“Paradigm”), Om Bagus (“Jaman Edan”) dan Roy Jeconiah (“3 Hari”).

Sementara di kategori Duo/Grup/Kolaborasi Rock Terbaik, mempertemukan .feast dengan lagu “Komodifikasi”, Barasuara (“Bangkit dan Berlari”), Cokelat (“Agresi”), Edane feat. Bagus NTRL (“Si Bangsat”), Godbless (“Untuk Indonesiaku”) dan Jamrud (“Waktuku Kecil”).

Masih di rock, ada pula persaingan di kategori Album Rock Terbaik antara Marcello Tahitoe untuk album (“99”), Kotak (“Identitas”), Satu Per Empat (“Pasca Falasi”), Jecovox (“The Moon”) dan Slank (“Vaksin Slank”).

Bagaimana dengan metal? Ini juga mengejutkan. Untuk kategori Karya Produksi Metal Terbaik, nominasinya dipanaskan oleh Avhath lewat lagu “Felo De Se”, Close Me Closet feat. Chandra Erin (“For Anything We Want”), Holykillers (“Petaka”), Methiums (“Narrowsense”) serta pendatang baru, Mika Rafello yang berkolaborasi dengan mantan vokalis Boomerang, Roy Jeconiah di single “Ketika Aku di Ketika”.

Khusus untuk Avhath, nominasi AMI Awards ini merupakan yang kedua kalinya buat unit cadas asal Jakarta tersebut. Bahkan yang pertama, yang berlangsung pada 27 November 2019 lalu, Avhath berhasil memenangkan kategori tersebut lewat single “The Annual Horrors”.

Malam puncak untuk penganugerahan pemenang setiap kategori AMI Awards ke-24 yang tahun ini mengedepankan tema “Spirit of Creativity”, bakal dihelat pada 15 November 2021 mendatang, dan akan ditayangkan secara langsung oleh stasiun TV RCTI. 

Tahun ini, ada 55 kategori serta tiga Penghargaan Khusus – yaitu Lifetime Achievement, Legend Awards dan Dedikasi Musik – yang akan dibacakan pemenangnya pada Malam Puncak AMI Awards ke-24 nanti. Pesta bergengsi dengan tema “Spirit of Creativity” bakal dihelat pada 15 November 2021 mendatang secara langsung di RCTI dengan jumlah penonton terbatas dan protokol kesehatan yang ketat. Untuk info lebih detail, silakan mengaksesnya di akun Instagram @amiawards atau situs www.ami-awards.com. (*/MK03)

2 replies on “ Inilah Pejuang Rock/Metal yang Berkesempatan Menang di AMI AWARDS 2021 ”
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *