Menyambut selebrasi perilisan album “Closure/Continuation” pada 24 Juni 2022 yang bakal diedarkan via label Music For Nations/Megaforce Records, unit progressive rock asal Inggris, PORCUPINE TREE bakal menggelar tur di kawasan AS, Kanada, Meksiko dan Chili sepanjang September dan Oktober mendatang.

Untuk memperkuat formasinya, Selain vokalis, gitaris dan motor penggerak utama Porcupine Tree, Steven Wilson, lalu kibordis Richard Barbieri dan dramer Gavin Harrison yang berkontribusi di rekaman “Closure/Continuation”, kali ini mereka bakal mengajak serta dua musisi tambahan, yakni gitaris Randy McStine (McStine & Minnemann, Lo-Fi Resistance) dan bassis Nate Navarro (Devin Townsend).

“Keduanya adalah musisi yang berbakat luar biasa, dan kami sudah menikmati berlatih memainkan materi lagu-lagu baru bersama mereka. Terdengar fantastis dan kami sudah tidak sabar untuk segera melakukan tur tahun ini,” seru Steven Wilson semangat.

Sejak terbentuk pada 1987 silam, Porcupine Tree telah melahirkan 11 album studio. Dua di antaranya terbilang sangat sukses, yakni “Fear of a Blank Planet” (2007) yang menjadi album terlaris mereka, serta “The Incident” (2009) yang berhasil menembus daftar nominasi “Best Surround Sound Album” di Grammy Awards.

Kredit foto: Alex Lake

.

Dengan penyegaran di formasinya, ILL NIÑO kembali menggebrak pentas metal. Unit cadas Latin asal New Jersey, AS ini baru saja melepas lagu rilisan tunggal terbarunya yang bertajuk “This Is Over”, yang merupakan salah satu lagu andalan dari album terbaru mereka, “IllMortals”. Karya rekaman kolektif terbaru itu bakal dilepasliarkan mulai 10 Juni 2022 oleh label Break Silence Music (BSM) dan didistribusikan via ONE-RPM.

Di formasi terbarunya, mantan gitaris Soulfly, Marc Rizzo kembali bergabung. Dua dekade lalu, Marc berkontribusi di album “Revolution Revolucion” (2001) serta “Confession” (2003). Selain Marc, Ill Niño juga dihuni bassis Laz Pina, dramer Dave Chavarri, gitaris Sal Dominguez serta pemain perkusi Daniel Couto. Di album “IllMortals”, juga bakal hadir musisi tamu seperti Sonny Sandoval (P.O.D.), Benji Webbe (SKINDRED), Max Georgiev (FALLING IN REVERSE) dan AJ Channer (FIRE FROM THE GODS).

.

SOULFLY akhirnya juga mengumumkan jadwal perilisan album rekaman terbarunya. Diberi judul “Totem” dan bakal diledakkan mulai 5 Agustus tahun ini juga, via label Nuclear Blast Records. Band metal yang dimotori mantan vokalis SEPULTURA, Max Cavalera tersebut terakhir kali merilis album pada 2018 lalu, yang bertajuk “Ritual”, saat masih diperkuat gitaris Marc Rizzo.

Di album terbarunya, Soulfly berkolaborasi dengan produser Arthur Rizk (KREATOR, MUNICIPAL WASTE, CODE ORANGE) yang sekaligus memainkan keseluruhan isian lead guitar di album, plus beberapa musisi tamu seperti John Powers (ETERNAL CHAMPION), Chris Ulsh (POWER TRIP) serta John Tardy (OBITUARY). Lagu rilisan tunggal pertama dari album tersebut bertajuk “Superstition”.

Sebelum merilis album, dalam beberapa kesempatan manggung, Soulfly dibantu oleh Dino Cazares, gitaris FEAR FACTORY.

.

ALTER BRIDGE menggeliat lagi. Lewat sebuah wawancara di stasiun radio 97.7 QLZ, gitaris Mark Tremonti membocorkan jadwal perilisan album terbaru bandnya itu. Dipastikan bakal berjudul “Pawns & Kings” dan bakal diedarkan mulai 14 Oktober 2022 mendatang via Napalm Records. Eksekusi rekaman album tersebut digarap formasi Mark Tremonti, Myles Kennedy (vokal/gitar), Brian Marshall (bass) dan Scott Phillips (dram) di Studio Barbarosa di Gotha, Florida bersama produser Michael ‘Elvis’ Baskette (SEVENDUST, MAMMOTH WVH dan SLASH). 

Dalam rangka mempromosikan album barunya, Alter Bridge juga bakal menggelar serangkaian tur di kawasan Eropa pada musim dingin ini, mengunjungi 25 kota dari 18 negara. Dimulai pada 1 November di Hamburg, Jerman dan bakal berakhir pada 12 Desember di London, Inggris. Dalam rangkaian tur tersebut, turut serta band pendamping HALESTORM dan MAMMOTH WVH.

.

Unit metal ekstrim asal Inggris, CRADLE OF FILTH kembali harus kehilangan personelnya. Kali ini dengan gitaris Richard Shaw serta kibordis Anabelle Iratni. Padahal, khususnya Anabelle, sebenarnya baru bergabung setahun lalu, sebagai pengganti Lindsay Schoolcraft yang hengkang pada Februari 2020 lalu setelah menghuni Cradle Of Filth selama tujuh tahun. Penampilan panggung pertama Anabelle sebagai pengganti Lindsay berlangsung di sebuah konser virtual pada 12 Mei 2021 lalu. Di album “Existence Is Futile” yang dirilis pada 22 Oktober 2021 lalu, adalah satu-satunya karya rekaman yang melibatkan kontribusi Anabelle Iratni.

Tapi tidak butuh waktu lama, sebagai pengganti kedua musisi yang mengundurkan diri tersebut pihak band langsung mengumumkan pengganti masing-masing. Richard akan digantikan oleh Donny Burbage, sementara Zoe Marie Federoff mengisi posisi yang ditinggalkan Anabelle.

.

Enam Mei 2022 ternyata menjadi tanggal favorit beberapa band untuk perilisan album baru. Di antaranya HALESTORM yang melepas album “Back From The Dead” serta IBARAKI, proyek solo Matt Heafy (TRIVIUM) yang bertajuk “Rashomon”. Selain mereka, masih ada seabrek band lain yang juga melepas karya rekamannya kemarin, baik berupa album penuh maupun EP. Mereka adalah Vital Spirit “Still As the Night, Cold As the Wind”, Stöner “Totally”, Aenimus “Sacrificial”, Christian Death “Evil Becomes Rule”, Cosmic Putrefaction “Crepuscular Dirge For The Blessed Ones”, Deaf Club “Bad Songs Forever”, Demonical “Mass Destroyer”, Fozzy “Boombox”, Haunter “Discarnate Ails”, Jo Quail “The Cartographer”, Motor Sister “Get Off”, Pure Reason Revolution “Above Cirrus”, Sabaton “The Symphony To End All Wars”, Silverstein “Misery Made Me”, Three Days Grace “Explosions”, Ufomammut “Fenice”, Upon A Burning Body “Fury” serta Wo Fat “The Singularity”.