Mantan Vokalis EDANE Daur Ulang “Jungle Beat”

Masih ingat nama Heri Batara?

Ya betul, dia adalah mantan vokalis grup rock senior Ibu Kota, Edane. Vokalis yang lebih akrab disapa Ucok tersebut tergabung di Edane menjelang penggarapan album “Jabrik” (1994), dan bertahan hingga perilisan album “Borneo” (1996) serta album kumpulan lagu-lagu terbaik Edane, “9299” (1999). Setelah itu, Ucok melepas jabatan vokalis dan posisinya lantas digantikan oleh Trison Manurung dari Roxx. Pada fase ini, Ucok lalu memilih berkontribusi di manajemen Edane hingga perilisan album “Edan” pada 2010.

Kini, setelah agak lama tak terdengar kiprahnya, Ucok memutuskan untuk mencoba kembali berkontribusi di skena rock Tanah Air. Sejumlah rencana perilisan single telah seliweran di kepalanya. Dan sebagai pembuka sekaligus pemanasan, Ucok telah mengeksekusi niatnya itu dengan meluncurkan versi daur ulang “Jungle Beat” di kanal YouTube, lagu dari album “Jabrik” milik Edane. 

Menurut Ucok yang dihubungi MUSIKERAS, lewat perilisan “Jungle Beat” yang ia garap bersama musisi bernama Mev, ia ingin menyegarkan kembali eksistensinya sebagai vokalis. Sebagai sebuah langkah awal. 

“Karena gue kan cukup lama sempet di belakang panggung di manajemen sama produce juga. Tapi lebih intens di manajemen. Jadi sebelum melangkah ke lagu baru, rasanya nggak ada salahnya berangkat dari lagu yang pernah ada dulu,” ujar Ucok beralasan.

“Jungle Beat” dipilih Ucok, alasannya, juga karena lagu tersebut cukup powerful. Disamping itu, menurutnya, juga tidak terlalu rumit untuk digiring ke arah aransemen musik seperti yang ia terapkan di versi baru. Ditambah lagi, dari urutan tulisan nama pencipta lagu tersebut, nama Ucok disebut paling depan sebelum nama personel Edane lainnya saat itu, yakni gitaris Eet Sjahranie, Iwan Xaverius dan dramer Fajar Satritama.

“Karena Eet bilang, lagu ini ide awalnya dari saya, jadi ditulisnya begitu. Walau pun ide lagu atau kord yang dikasih berubah jauh sama (versi) lagu jadinya. Dan juga karena urusan royalti lagu dan bla bla bla sempet rame di sini, jadi diputusin ambil lagu itu biar nggak ribet.”

Lantas bagaimana komentar Eet Sjahranie mengenai aransemen baru di lagu tersebut?

“Wah nggak nanya itu, tapi dia support. Dalam arti kasih selamat via (aplikasi) WhatsApp,” tutur Ucok meyakinkan.

Setelah “Jungle Beat”, Ucok telah menyiapkan beberapa lagu untuk dirilis. Juga ada rencana membentuk band untuk mendukung niatnya kembali berkarya, sambil mereka-reka momentum yang tepat di tengah deraan pandemi yang membuatnya segalanya serba tak menentu. (mdy/MK01)

.

2 replies on “ Mantan Vokalis EDANE Daur Ulang “Jungle Beat” ”
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *