Para penggemar musik keras – atau khususnya yang haus akan gelaran konser berhawa progresif dari ranah rock dan metal – boleh bersuka cita. Lewat sebuah konferensi pers yang digelar kemarin (29/6), di sebuah hotel di Solo, Jawa Tengah, telah diumumkan secara resmi bahwa unit prog-rock legendaris asal AS, Dream Theater bakal kembali menggelar konsernya di Indonesia.

Oleh pihak penyelenggara, Rajawali Indonesia, konser bertajuk “The Top of The World Tour” tersebut dipastikan berlangsung pada 10 Agustus 2022 mendatang, di Parkir A dan B Stadion Manahan, Solo. Indonesia sendiri dipilih dari hanya dua negara yang dikunjungi Dream Theater. Satu lagi di Download Festival, Jepang. Dan kali ini merupakan bagian dari rangkaian tur dunia untuk mempromosikan album terbaru mereka, “A View from the Top of the World”.

Makanya, kemungkinan besar, band yang masih diperkuat formasi James LaBrie (vokal), John Petrucci (gitar), Myung (bass), Jordan Rudess (kibord) dan Mike Mangini (dram) tersebut bakal lebih banyak memainkan komposisi-komposisi dari album terakhir. Termasuk “The Alien” yang membuat mereka berhasil memenangkan penghargaan Grammy 2022 untuk kategori “Best Metal Performance” serta “A View from the Top of the World” yang berdurasi lebih dari 20 menit.

Pendiri Rajawali Indonesia, Anas Syahrul mengungkapkan, kedatangan Dream Theater kali sebenarnya merupakan konser yang tertunda. Karena jadwal sebelumnya, seharusnya sudah berlangsung di Jakarta pada 9 November 2020 lalu, dalam paket tur bertitel “The Distance Over Time Tour 2020”. Namun terpaksa dibatalkan lantaran masih terhadang pandemi.

Pemilihan Solo sendiri, menurut Anas lagi, karena didasari alasan bahwa kota tersebut memiliki infrastruktur yang layak dan pas untuk menggelar konser kelas dunia. “Butuh proses yang panjang sebelum akhirnya Dream Theater memutuskan untuk bersedia menggelar konser di Solo. Mereka setuju setelah kami rayu dan menunjukkan semua hal tentang Solo,” serunya meyakinkan.

Sejauh ini, dari 10 ribu tiket yang tersedia, 3.000 di antaranya telah dipegang oleh para calon penonton Dream Theater yang telah membelinya untuk jadwal konser sebelumnya. Penjualan tiket konser Dream Theater akan dibuka mulai 1 Juli 2022 yang bisa diperoleh secara online di situs tiketapasaja.com, atau ke nomor 082226664343. Ada dua kelas tiket yang dijajakan, yaitu Rp 1 juta untuk kelas Festival A dan Rp 750 ribu untuk Festival B. Namun jika membeli tiket di hari pertunjukan, harga berubah menjadi Rp 1.500.000 (Fest A) dan Rp 1.000.000 (Fest B).

Roda karir Dream Theater digulirkan pertama kali oleh John Petrucci, John Myung dan Mike Portnoy saat sama-sama menimba ilmu musik di Berklee College of Music, di Boston, Massachusetts, AS. Ketika memulainya pada 1985 silam, mereka mengibarkan nama Majesty, sebelum menggantinya menjadi Dream Theater tiga tahun kemudian. Dalam perjalanannya, sempat terjadi beberapa kali pergantian formasi. Sebelum formasi sekarang, Dream Theater pernah dihuni vokalis Chris Collins dan Charlie Dominici di era awal, lalu kibordis Kevin Moore (1985–1994) dan Derek Sherinian (1994–1999). Salah satu pendirinya, Mike Portnoy menarik diri pada 8 September 2010 dan digantikan oleh Mike Mangini yang pernah menghuni band rock Extreme. Sejauh ini, Dream Theater telah merilis 15 album studio, dengan angka penjualan keseluruhan mencapai lebih dari 12 juta keping di seluruh dunia.

Dream Theater sendiri tercatat sudah tiga kali menggelar konser di Indonesia. Diawali di Mata Elang International Stadium, Ancol pada 21 April 2012, lalu di Lapangan D Senayan pada 26 Oktober 2014 dan di panggung “Jogjarockarta Festival 2017” di Yogyakarta pada 28 dan 29 September 2017. (MK03)

.

.

.