Jiwa Rock TAKE OVER9 yang Tak Pernah Padam

Pada 2004 silam, unit rock asal Jakarta, Take Over berhasil menempati peringkat kedua terbaik di sebuah ajang festival rock yang digelar oleh promoter Log Zhelebour. Kini, sekitar 12 tahun kemudian, Take Over berevolusi dan terlahir kembali dengan nama baru, formasi baru dan single baru.

Ya, band yang terbentuk pada 9 September 2016 tersebut kini dihuni Adung (gitar), Bagus (gitar), Gatot (bass), Joe (dram) dan Windy (vokal) dan mengibarkan nama baru, yakni Take Over9. Lalu, baru-baru ini, mereka juga telah meluncurkan sebuah lagu baru bertajuk “Jangan Modus” yang kental bernafaskan rock. “Rock nggak pernah mati. Dan rock adalah jiwa kami,” seru Adung meyakinkan.

Penambahan angka ‘9’ di nama band sendiri bukan sekadar tempelan tanpa filosofi. Menurut Gatot, angka ‘9’ adalah yang tertinggi. Namun ia dan personel lainnya juga menyebut ‘9’ sebagai angka yang bijaksana. “Karena kami berharap bisa bijaksana di musik,” cetusnya.

“Di samping itu, angka 9 dipilih sebagai pengingat atas momentum itu: tanggal 9, bulan 9, tahun 2016, yang kalau dijumlah jadi 9,” papar Windy menambahkan.

Sebagai satu-satunya personel wanita, kehadiran Windy tak sekadar menyegarkan tampilan Take Over9. “Windy juga memperkaya musik Take Over9, yang semula rock banget menjadi rock mix,” seru Joe. 

Lalu, jika biasanya seorang lady rocker lekat akan tampilan ‘maskulin’ dengan kostum yang serba hitam, maka Windy justru memilih imej yang berbeda. Ia justru tampil girly dengan aksesoris berwarna cerah. “Paling sering sih pink. Karena aku suka pink,” ungkap Windy yang kini dijuluki sebagai Barbie Rocker.

Proses penggarapan rekaman lagu “Jangan Modus” sendiri agak unik. Para personel Take Over9 yang baru saja ditinggal vokalis lama saat merekam “Jangan Modus” ‘menyulik’ Windy untuk ‘diaudisi’ menjadi vokalis, dibawa ke studio dan langsung disuruh merekam vokalnya secara spontan setelah mendengarkan materi lagu “Jangan Modus”.

“Di luar dugaan, hasilnya soulful, karena nggak pake mikir. Kalau tentang teknisnya sama aja dengan proses rekaman band-band lainnya. Tapi ceritanya serun, spontan, soulful dan ada ‘penculikan’,” tutur pihak band kepada MUSIKERAS.

Pengerjaan lagu “Jangan Modus” yang merupakan karya cipta Bagus Wyed juga melibatkan musisi-musisi senior yang namanya masih berkibar di industri musik Tanah Air, seperti Ully Dalimunthe yang dipercayakan sebagai pengarah musik, lalu Indra Q untuk eksekusi mixing dan mastering.

Sejauh ini, menurut Take Over9, single “Jangan Modus” mendapat respon yang lumayan bagus, bahkan ada beberapa negara yang sudah memutar lagu tersebut, di antaranya di Amerika Serikat, Taiwan, Brunei, Eropa Timur hingga Thailand. Dalam waktu dekat, mereka juga berencana untuk merilis album. (MK01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *