Kabar Keras Dunia: Dari ASKING ALEXANDRIA Hingga SION

Unit rock asal Inggris, ASKING ALEXANDRIA kembali melepas album baru. Berjudul “See What’s On The Inside” dan bakal mulai diedarkan resmi pada 1 Oktober 2021 mendatang via label Better Noise Music. Sebagai nomor pembuka, band yang kini dihuni formasi Ben Bruce (gitar), James Cassells (dram), Cameron Liddell (gitar), Sam Bettley (bass) dan vokalis Danny Worsnop yang kembali bergabung pada 2016 lalu tersebut sudah melepas single “Alone Again” pada 20 Agustus 2021 lalu. 

Ben Bruce menyebut “Alone Again” serta lagu-lagu lainnya di album baru nanti sebagai hasil dari sebuah hubungan dan keterikatan kembali di antara para personel. “Tidak ada akal-akalan (di album ini), benar-benar hanya kami berlima memainkan alat musik sekeras dan sekencang yang kami bisa! Pada satu titik dalam kehidupan kami, kami semua merasa tersesat dan kebingungan akan siapa diri dan tujuan kami, dan kami pikir lagu inilah yang menyatukan kami semua. Kami kembali ke akar kami sebagai musisi, dan membakar hasrat kami kembali di musik rock dan metal.”

Lebih jauh, Ben juga menyebut band-band legendaris yang mereka sukai sejak kecil hingga tumbuh remaja seperti Metallica, Led Zeppelin, Queen, Nirvana, Soundgarden, Aerosmith hingga AC/DC menjadi pengaruh terbesar dalam penggarapan “See What’s On The Inside”. 

.

Untuk mempromosikan perilisan album terbarunya, “Colors II” yang mulai diedarkan sejak 20 Agustus 2021 via Sumerian Records, unit progressive metal BETWEEN THE BURIED AND ME (BTBAM) melepas video musik dari salah satu lagunya, “The Future Is Behind Us”. Menurut sutradara Erez Bader dari Silent Flight Productions yang menggarap video tersebut, konsep yang ia terapkan merupakan sebuah permulaan baru, dari apa yang ditinggalkan BTBAM lewat “White Walls”, lagu penutup album “Colors” (2007). “… Mewakili kematian warna yang memudar (di lagu tersebut), namun kanvas kosong yang mereka tinggalkan, sebuah undangan untuk memulai yang baru. Di sinilah video musik saya untuk ‘The Future Is Behind Us’ dimulai.”

.

“Persona Non Grata” adalah judul album terbaru dari veteran thrash metal asal San Francisco, EXODUS. Karya rekaman terbaru itu bakal dilepasliarkan mulai 19 November 2021 mendatang via Nuclear Blast Records. Sementara single pertamanya, “The Beatings Will Continue (Until Morale Improves)” sudah diletupkan ke skena metal sejak dua hari lalu. “Persona Non Grata” yang beramunisikan 12 lagu tidak lagi melibatkan vokalis Rob Dukes, dan sekaligus menandai kembalinya Steve ‘Zetro’ Souza yang pernah tergabung di Exodus pada periode 1986 hingga 1993 serta 2002 ke 2004. Exodus menggarap produksi rekaman album barunya di sebuah studio di Lake Almanor, California bersama Steve Lagudi di balik perangkat teknis rekaman. Sementara untuk mixing diserahkan kepada Andy Sneap.

.

Menyambut album barunya yang akan dirilis tahun depan, unit rock HALESTORM pun melepas single terbaru bertitel “Back From The Dead” pada 18 Agustus 2021 lalu. Menurut vokalis dan gitarisnya, Lzzy Hale, single tersebut mengangkat tema tentang bertahan hidup. Namun bukan dari perspektif secara fisik, namun lebih mengacu ke kesehatan mental. Karena Lzzy mengakui, selama masa pandemi, ia banyak menulis lagu melankolis dan patahnya semangat akibat kondisi dunia yang tak menentu akibat deraan virus Covid-19. Tapi kini, ia bangkit dan ingin berbagi semangat itu.

“Saya ingin memberi diri saya dan dunia sebuah lagu hard rock yang bisa kami teriakkan dengan keras saat gerbang dibuka lagi. Saya tidak membiarkan kegelapan dan depresi dalam pikiran saya menggali kuburan saya lebih awal. Saya telah menghapus nama saya dari batu nisan saya, jadi simpan doa Anda, saya kembali! Saya harap lagu ini, saat saya menyampaikannya kepada Anda, mengingatkan Anda tentang kekuatan secara individu dan bahwa Anda tidak sendirian,” seru Lzzy sarat luapan semangat.

.

SION, band yang diperkuat kolaborasi vokalis Howard Jones (Light The Torch/mantan Killswitch Engage) dengan gitaris dan musisi multi-instrumentalis Jared Dines, mengabarkan kini tengah memasuki proses perampungan album rekaman debut mereka. Penggarapannya sudah memasuki tahapan mixing yang dieksekusi oleh Joseph McQueen (Bad Wolves) dan akan disusul pula dengan pembuatan video musik salah satu lagunya. “Kami tidak sabar untuk menunjukkan kepada Anda semua apa yang telah kami kerjakan selama dua tahun terakhir! Album ini akan menampar,” koar Jared via akun Instagram pribadinya. Sebelumnya pada Maret 2021, SION sudah merilis single debut berjudul “The Blade”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *