Di AMI AWARDS 2022, Kini Metal Mendapat Apresiasi Lebih

Penghargaan tertinggi kepada insan musik kreatif Indonesia yang berprestasi, AMI Awards kembali digulirkan. Kemarin (14/9), organisasi independen yang menyelenggarakannya, Yayasan Anugerah Musik Indonesia telah mengumumkan daftar nominasi untuk periode rilis 1 Juli 2021 hingga 30 Juni 2022. 

Total sebanyak 4156 lagu yang terdaftar tahun ini, berupa Karya Produksi lagu rilisan tunggal (single) atau pun EP/album. Jumlah itu menandakan bahwa dalam kondisi apa pun, semangat kreatifitas para musisi tetap berkobar demi kelangsungan industri musik Indonesia selanjutnya. Selaras dengan tema AMI Awards tahun ini, “Recover Together, Recover Stronger Through Music”. Atau bisa diartikan, ‘pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat melalui musik’.

Dari hasil Sidang kategorisasi AMI yang berlangsung pada 18 – 29 Juli 2022 lalu yang dilakukan secara offline dan online, menghasilkan jumlah kategori di AMI tahun ini menjadi 57 Kategori, dengan penambahan dan penyempurnaan beberapa kategori baru.

Salah satu yang menarik, khususnya untuk publik musik keras, adanya kategori baru “Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Metal Terbaik” dan “Album Metal Terbaik”. Sebelumnya, genre metal hanya terangkum di kategori karya produksi. Tidak berdiri sendiri.

“Karena metal di Tanah Air saat ini sangat berkembang pesat, dengan penambahan karya yang sangat signifikan. Sudah saatnya untuk mendapatkan ruang apresiasi yang lebih luas,” ujar Mudya Mustamin, founder MUSIKERAS yang juga tercatat sebagai salah satu anggota tim kategorisasi AMI Awards 2022.

Nah, berikut adalah daftar karya yang beruntung menembus deretan nominasi tahun ini:

Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Metal Terbaik:

Bonga Bonga – “Suara Sudra”

Burgerkill – “Roar of Chaos”

Deadsquad – “Curse of The Black Plague”

Isyana Sarasvati, DeadSquad – “Il Sogno”

Revenge The Fate – “Sinsera”

Album Metal Terbaik:

“Catharsis” – DeadSquad (DeadSquad)

“Hymn To The Woeful Hearts” – Pure Wrath (Debemur Morti Productions)

“Satir Getir” – Godless Symptoms (Disaster Records)

“Self Title” – BongaBonga (Blackandje Records)

“The Science of Thought” – Djin (Blackandje Records)

Album “Catharsis” dari Deadsquad sendiri juga bertarung di kategori Desain Grafis Album Terbaik.

.

.

Di luar metal, juga ada pertarungan seru di bidang rock. Berikut daftar lengkapnya:

Artis Solo Pria/Wanita Rock/Instrumentalia Rock Terbaik:

Aldrian Risjad – Berlari Pelan Di Kota Yang Cepat

Clever Moose – Batavian Troops

Iqif – Falling

John Paul Ivan – Touch The Sky

Nicky Astria – Jerit Anak Manusia

Duo/Grup/Kolaborasi Rock Terbaik:

.Feast – Gugatan Rakyat Semesta

Burgerkill, Ahmad Dhani – Elang

Dewa19, Marcello Tahitoe – Juliette

Kotak – Hantam (Ost. Satria Dewa Gatot Kaca)

Last Child – Saat-Saat Itu

Pee Wee Gaskin, Hindia – Vaya Con Dios

Voice of Baceprot – God Allow Me (Please) to Play Music

Album Rock Terbaik:

#1 – Iqif (Vurplay)

Abdi Lara Insani  – .Feast (Sun Eater)

Alternate Universe – The Melting Minds (Boneless Records)

RE.VIV.AL – Drive (Wander Music)

SUPRANIMALS – MARTIALS/ (MARTIALS/)

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1996 hingga sekarang, Yayasan Anugerah Musik Indonesia telah memberikan kontribusi nyata dalam memajukan industri musik Indonesia. Sebagai ajang penghargaan industri musik paling prestisius di Indonesia, tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-25 kalinya, artinya AMI Awards sudah mencatat sejarah perjalanan musik Indonesia dalam kurun waktu 25 tahun terakhir. 

Tayangan lengkap pengumunan nominasi 25th AMI Awards 2022 bisa disaksikan melalui kanal YouTube RCTI+ dan RCTI – Entertainment. Sementara untuk gelaran malam puncak, bakal berlangsung pada 13 Oktober 2022, yang akan ditayangkan di stasiun televisi RCTI mulai pukul 21.30 WIB. Acaranya bakal dikemas sangat menarik dan meriah karena akan diadakan di salah satu studio terbesar, tercanggih di Asia dengan fasilitas yang terintegrasi, yakni Studio RCTI+. (*)

.

.

Jika Anda - para pembaca Musikeras - menyukai tulisan-tulisan kami dan ingin membantu / peduli akan kelangsungan karir media kami, dengan senang hati kami menerima donasi dari Anda secara sukarela. Bantuan dana bisa dikirimkan (transfer) via aplikasi OVO Musikeras 083822872349. Berapa pun bantuan Anda sangat berharga buat kami. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *