ME AND THAT MAN, Sisi Gelap NERGAL yang Berbeda

Sebenarnya, unit black/death metal asal Polandia, Behemoth telah mulai kasak-kusuk untuk merilis sesuatu di 2017 ini. Ada rencana rilis album baru, atau album konser. Tapi untuk sementara, lupakan dulu semua niat itu. Karena pentolannya, Adam “Nergal” Darski kini sedang semangat-semangatnya mempromosikan proyek musikal terbarunya, Me And That Man.

Konsep musiknya? Jangan bayangkan seperti atau sejenis Behemoth. Tetap bernuansa gelap, tapi kali ini lebih memaksimalkan sisi artistik Nergal. Lebih mengarah ke eksplorasi blues dan rock. Bahkan ada sentuhan country dan folk. Untuk proyek ini, Nergal berkolaborasi dengan musisi rock berdarah campuran Inggris dan Polandia, John Porte. Dan pada 24 Maret mendatang, keduanya bakal merilis album debut bertajuk “Songs Of Love And Death” via label Cooking Vinyl.

“Songs Of Love And Death” adalah sebuah perjalanan yang gelap – menurut gambaran yang tertuang di siaran pers resmi Me And That Man – yang dituturkan melalui permainan gitar akustik yang kotor, yang menyentuh sisi ‘kasar’ dari esensi rock dan blues.

“Album ini bukan dimaksudkan untuk mengarahkan penggemar Me And That Man menjadi penggemar Behemoth,” cetus Nergal. “Jika suatu hari mereka akan mengikuti, okay. Sesuatu seperti (lagu) ‘My Church Is Black’ yang merupakan deklarasi kuat, sebuah lagu yang secara alami mengundang orang-orang dari dunia ekstrim, yang mungkin mau memasuki dunia ini juga. Bisa jadi mereka akan menyukainya. Bersama Me And That Man, saya menyampaikan kisah-kisah yang sederhana, tidak dipenuhi pesan-pesan tersembunyi. Benar-benar apa adanya, organik dan sepolos mungkin. Ini cara saya untuk melampiaskan emosi dan sisi gelap saya. Ini bukan musik riang, tapi melegakan.”

Lebih jauh, Nergal menegaskan, bahwa Me And That Man hanyalah sebuah proyek sampingan. Dan dia sama sekali belum tahu ke mana arahnya di masa mendatang. “Ide utamanya hanyalah untuk melepaskan produk musik. Jika Anda suka, itu keren. Namun jika tidak, tetap tak masalah.”

Nergal mengawali karir bersama Behemoth di Gdańsk, Polandia pada 1991. Awalnya dihuni formasi trio, yakni Nergal pada vokal dan gitar, Baal pada dram dan gitaris Desecrator. Sejak 2004, Behemoth diperkuat formasi Nergal, Zbigniew “Inferno” Promiński (dram), Tomasz “Orion” Wróblewski (bass) dan Patryk “Seth” Sztyber (gitar). Sejauh ini sudah merilis album “Sventevith (Storming Near the Baltic)” (1995), “Grom” (1996), “Pandemonic Incantations” (1998), “Satanica” (1999), “Thelema.6” (2000), “Zos Kia Cultus (Here and Beyond)” (2002), “Demigod” (2004), “The Apostasy” (2007), “Evangelion” (2009) dan “The Satanist” (2014).

Kredit foto: Oskar Szramka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *