Karena Pandemi, BATUNISAN Rilis EP dalam Format Flashdisk

Sambil menanti momen perilisan album kedua, sekalian mengisi kehampaan aktivitas selama masa pandemi, unit gothic metal asal Pemalang, Jawa Tengah ini kembali meluncurkan karya rekaman EP baru yang dikemas dalam format flashdisk. Diberi judul “Sang Insan”, memuat empat lagu baru plus 13 karya lama yang sebelumnya sudah tersebar lebih dulu. Ritual perilisan resminya telah dieksekusi pada Minggu, 9 Agustus 2020 lalu dan disiarkan secara langsung (live streaming) via laman Facebook Batunisan.

“Sang Insan” berisi empat lagu, yakni “Sang Insan”, “Dalam Khayalan”, “Kepedihan” dan “Jayana Sureng Yudha (Pahlawan Pemalang)” yang dipilih dari sembilan lagu yang sudah terekam. Semuanya merupakan hasil perahan dari 20 lagu yang sudah dipersiapkan. 

“Ada banyak ide dan terobosan baru yang penuh resiko, tetapi dengan sentuhan lama yang sedikit gila, (kami) bereksperimen di musik seperti band Nightwish serta (yang) sesuai kata hati, tanpa menghilangkan benang merah di lirik lagu-lagu Batunisan. Album ini kombinasi penuh warna di (garapan) musiknya,” beber pihak band kepada MUSIKERAS.

Personel Batunisan saat ini, yakni Diyanti ‘Yanti’ (vokal), Nur Aulia ‘Tyo’ Prasetyo (vokal scream), Awal ‘Eanggy’ Wahab (gitar), Mohammad ‘Nday’ Idhar (bass), Chaeru ‘Heru’ Ginanjar (gitar) dan Defit Setiono (dram) menggarap “Sang Insan” dengan memaksimalkan fasilitas studio rumahan, yang dimulai sejak Juli 2019 hingga memasuki 2020. Sebagian materi merupakan stok lama yang belum sempat direkam, diambil dari era Ari Nisan, gitaris dan pendiri Batunisan yang telah menghadap Ilahi pada Juli 2017 lalu.

Tentang alasan merilis “Sang Insan” dalam format flashdisk, Batunisan menjelaskan bahwa kini kita hidup di dunia yang berjalan di tengah pendemi Covid-19, sehingga membuat semua kegiatan di luar rumah untuk menikmati hobbi terhenti. Salah satunya, tak bisa lagi menyaksikan pertunjukan musik panggung. Paling tidak hingga pandemi bisa teratasi. Jadi perilisan dalam format flash disk setidaknya bisa membuat para Kawan Nisan – sebutan untuk para penggemarnya – bisa menikmati lagu-lagu Batunisan yang terbaru, sekaligus sebagai pemanasan menuju album penuh Batunisan.

“Album ‘Sang Insan’ ini hanya melalui format flashdisk karena para Kawan Nisan juga belum tentu semuanya mempunyai pemutar CD, jadi (dengan flashdisk) langsung bisa mendengarkannya di handphone dengan memakai kabel OTG.”  

Oh ya, selain flashdisk, kemasan “Sang Insan” juga disertai kartu ID dengan foto para personel, kaos, poster, stiker serta emblem. Setelah perilisan “Sang Insan”, Batunisan yang merilis album pertamanya, “Cahaya Bidadari” pada 2013 silam ini segera berkonsentrasi di penggarapan album yang kini telah memasuki mixing dan diniatkan bisa rampung tahun ini juga. (aug/MK02)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *