EASTCAPE dan SUGAR THRILLS Dipertemukan ‘Proyek dari Langit’

Sebuah album mini (EP) berbagi (split) yang mempertemukan keseruan mathrock/Midwest emo dengan shoegaze post-grunge telah diletupkan oleh label asal Bandung, Greedy Dust Records belum lama ini. Genre pertama diwakilkan oleh Eastcape, unit emo asal Blitar, Jawa Timur lewat dua lagu yang bertajuk “Soul Recovery” dan “I’m Sorry I’m Sick”, sementara yang satu lagi menghadirkan Sugar Thrills dari Bali dengan geberan lagu “Early Summer” dan “Drown”.

Menurut tuturan Eastcape kepada MUSIKERAS, ihwal terwujudnya rilisan album split ini seolah seperti ‘proyek yang jatuh dari langit’. Adalah pihak Greedy Dust yang pertama kali menginisiasi EP tersebut, menawarkan Eastcape untuk ikut terlibat di EP bersama Sugar Thrills.

“Tanpa mikir panjang langsung gas, karena bakalan jadi proyek yang menarik buat Eastcape khususnya, karena dapat kesempatan untuk kolaborasi dalam satu project bareng label sekeren Greedy Dust dan band sekeren Sugar Thrills. Cheers! Kami banyak tektokan lewat grup WhatsApp hampir tiap minggu. Untuk proses kreatifnya sendiri nggak ada batasannya, jadi kami benar-benar dibebasin buat bikin lagu sesuai karakter masing-masing.” 

Bagi Eastcape sendiri, kontribusi mereka untuk EP split tersebut mulai dikerjakan pada pertengahan 2021 lalu, setelah band yang baru terbentuk pada 2020 lalu ini merilis single pertamanya, “Hope You Found Me” pada Maret 2021 lalu. Di lagu “Soul Recovery”, formasi Yogie Satya Ferdinan (dram), Ulinuha Machisabillah a.k.a. Mathces (gitar) dan Rizky Harsoyo (gitar/vokal) mengajak musisi asal Kota Blitar lainnya, yakni vokalis Yossy Andreas (Hadd) untuk mengisi spoken words. Dari sisi konsep musikal, Eascape yang mengacu pada gaya band-band mancanegara seperti Mineral dan American Football (AS) serta Toe (Jepang) mencoba untuk mengeksplorasi musiknya dengan lebih banyak menggunakan time signature atau sukat pada aransemen lagunya. 

.

.

Sementara Sugar Thrills yang diperkuat oleh Galant Rastama (gitar/vokal), Agik Arya (gitar), Arya Pradana (bass) dan Pramanditya (dram), perspektif musiknya sangat terpengaruh band-band asal AS seperti Title Fight, Nothing dan Narrow Head. 

Selain tersedia di akun Bandcamp Greedy Dust, EP Split Sugar Thrills / Eastcape ini juga bisa digeber via berbagai platform digital streaming seperti Spotify, Apple Music, iTunes hingga YouTube Music. Bagi yang ingin mengoleksi format fisik EP tersebut, pihak label juga membuka jalur pemesanan untuk itu. Termasuk untuk produk merchandise terkait.  

Bagi Eastcape sendiri, ada rencana terdekat untuk merilis video musik lagu “I’m Sorry I’m Sick” sambil juga menyiapkan single baru yang ditargetkan bisa rilis pada akhir tahun ini. (aug/MK02)

Keterangan foto: Eastcape

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *